This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayah, Nur Syafa'atul (1999) Studi tentang partisipasi masyarakat dalam pengembangan Madrasah Ibtidaiyah Al Islah di Desa Karangbong Kec. Gedangan Kab. Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan perbuatan atau tindakan yang diarahkan kepada manusia agar potensi potensi yang dimiliki oleh setiap individu dapat dikembangkan secara nyata. Untuk itu penyelenggaraan pendikan dari jenjang dasar sampai jenjang perguruan tinggi akan tetap diusahakan seoptimal mungkin sampai akhirnya tercapai apa yang dicita citakan suatu bangsa. Madrasah ibtidakiyah merupakan jenjang pendidikan dasar yang apabila berhasil sangat berpengaruh pada jenjang pendidikan selanjutnya (Mts /SLTP). Untuk itu pemerintah memberikan motivasi dengan berusaha meningkatkan mutu pendidikan pada madrasah terutama pada kesejajarannya dengan lembaga pendidikan umum.
Upaya peningkatan kwalitas pendidikan dasar adalah sangat perlu karena beberapa hal: a). Pendidikan dasar adalah merupakan pendidikan yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat b). Pendidikan dasar adalah tuntunan konstitusi, pasal 31 UUD 1945 yang mewajibkan kepada negara untuk menyelenggarakan satu sistem pendidikan dan pengajaran sehingga pendidikan itu menjadi hak dari stiap warga negara c). Dengan lahirnya UU No 2 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta PP No 28 1990 tentang pendidikan dasar, maka landasan yuridis dan operasional telah tersedia sebagai langkah pertama secara mantab untuk mewujudkan cita cita proklamasi dan mewujudkan bangsa indonesia yang cerdas.
Adapun faktor faktor dari partisipasi masyarakat dalam pengembangan madrasah ibtida'iyah adalah faktor agama, faktor ekonomi dan faktor status sosial.
Sedangkan bantuan bantuan yang diberikan oleh masyarakat karangbong dalam mendukung usaha pembangunan madrasah ibtida'iyah al islah adalah a). Biaya pendidikan, biaya ini meliputi SPP dan sumbangan yang lain seperti sumbangan untuk perbaikan gedung sekolah, sumbangan dalam pemenuhan sarana dan prasarana juga sumbangan yang berupa makanan b). Keterlibatan fisik dilakukan oleh masyarakat misalnya kalau ada undangan dari sekolah maka masyarakat atau wali murid hadir c). Sumbangan pemikiran biasanya diberikan oleh masyarakat ketika ada undangan rapat wali murid, disini wali murid bebas memberikan saran atau kritik terhadap penyelenggaraan lembaga pendidikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Masyarakat Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Partisipasi Masyarakat; Pengembangan Madrasah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2016 03:26 | ||||||
Last Modified: | 29 Sep 2021 11:31 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14386 |
Actions (login required)
View Item |