Desain pendidikan toleransi di pesantren: studi tindakan sosial terhadap pluralitas agama dan paham keagamaan di Ponpes Tebuireng Jombang dan Nurul Jadid Paiton Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mursyid, Mursyid (2016) Desain pendidikan toleransi di pesantren: studi tindakan sosial terhadap pluralitas agama dan paham keagamaan di Ponpes Tebuireng Jombang dan Nurul Jadid Paiton Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (969kB) | Preview

Abstract

Fakta pluralitas agama dan paham keaagamaan dalam Islam, seringkali menimbulkan konflik sosial yang mengarah pada tindak kekerasan antar umat beragama. Tindakan terhadap fakta sosial, tidak dapat dipisahkan dari pendefinisiannya. Karena itu, dalam penelitian yang mengambil focus pendidikan toleransi di pesantren, mengajukan tiga masalah pokok; yaitu : 1) Bagaimana pandangan pimpinan dan tenaga pendidik Pondok Pesantren Tebuireng Jombang dan Nurul Jadid Paiton terhadap pluralitas agama dan paham keagamaan dalam Islam ?. 2) Bagaimana bentuk tindakan sosial pimpinan dan tenaga pendidik Pondok Pesantren Tebuireng Jombang dan Nurul Jadid Paiton terhadap pluralitas agama dan paham keagamaan dalam Islam ?. 3) Bagaimana desain pendidikan toleransi di pesantren ?. Penelitian kualitatif ini, menggunakan pendekatan fenomenologi, dan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokomentasi, sebagai teknik pegumpulan datanya. Kemudian dianalisis dengan analisa interaktif melalui reduksi data, display data dan kunklusi, yang kemudian dilakukan pembahasan dengan kerangka teoretik rational choice. Dari penggalian data di lapangan, disimpulkan bahwa : Pertama, pimpinan dan tenaga pendidik pondok pesantren, mendefinisikan fakta pluralitas agama dan paham keagamaan dalam Islam, sebagai keniscayaan yang telah menjadi takdir Allah, dan dapat didayagunakan untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan secara bersama-sama. Kedua, bentuk tndakan sosial pimpinan dan tenaga pendidik pondok pesantren terhadap pluralitas agama dan paham keagamaan dalam Islam, berupa tindakan toleransi; yaitu menerima dan menghargai perbedaan yang ada di dalam pluralitas tersebut. Ketiga, desain pendidikan toleransi di pesantren, memposisikan moral modeling, yaitu keteladanan kyai dalam tindakan tolerani sebagai langkah utama, kemudian diikuti dengan moral habituation, yaitu pembiasaan peserta didik hidup toleran dalam pluralitas agama dan paham keagamaan, dan moral feeling, penumbuhan perasaan toleransi yang diserap dari moral modeling dan moral habituation. Sedangkan moral knowing, transfer pengetahuan tentang nilai toleransi, secara integral disampaikan dalam beberapa matapelajaran dan mata kuliah yang relevan, termuat dalam ideology pendidikan pesantren yang dikenalkan sejak masa orientasi santri baru, dan disampaikan pula dalam beberapa taus{iyah pimpinan pesantren terutama saat ada kunjungan dari komunitas non muslim. Temuan penelitian ini, bertolakbelakang dengan teori Thomas Lickona tentang pengembangan nilai moral dalam pembentukan karakter, yang memposisikan moral knowing lebagai langkah pertama, kemudian moral feeling, dan moral avtion. Pendidikan toleransi di pesantren, memiliki pijakan pada teori pendidikan moral al-Ghazali yang bertumpu pada tindakan moral dan pembiasaan moral. Sedangkan pengetahuan moral dalam pandangan al-Ghazali, hanya bisa membebaskan manusia dari kebodohan terhadap moral, tidak bisa membentuk moral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mursyid, Mursyidmursyid63@gmail.comF06511091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mursyid Mursyid
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:44
Last Modified: 16 Dec 2019 09:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14528

Actions (login required)

View Item View Item