PENGGUNAAN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEMBENTUK SIKAP BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 1 MAGETAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Reski (2014) PENGGUNAAN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEMBENTUK SIKAP BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 1 MAGETAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar menurut Bloom mencakup peringkat dan tipe prestasi
belajar, kecepatan belajar, dan hasil afektif. Andersen sependapat dengan Bloom
bahwa karakteristik manusia meliputi cara yang tipikal dari berpikir, berbuat,
dan perasaan. Kemampuan afektif seseorang bukan merupakan potensi siswa,
tetapi ditentukan oleh pengalaman siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan.
Domain afektif yang meliputi sikap, minat perilaku, etika, moral, dan sebagainya
menentukan keberhasilan seseorang berinteraksi dengan lingkungan. Penilaian
jenis afektif merupakan jenis penilaian yang paling sulit untuk dilakukan karena
jenis penilaian ini merupakan jenis penilaian yang ingin mengetahui hal- hal
yang seringkali “tidak tampak”, namun muncul dalam perilaku siswa dalam
kehidupan sehari- hari.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
sikap beragama siswa di SMA Negeri 1 Magetan. Serta untuk mengetahui
penggunaan penilaian afektif dalam pembelajaran PAI untuk membentuk sikap
beragama siswa di SMA Negeri 1 Magetan.
Adapun pendekatan penelitian ini dikatagorikan sebagai pendekatan
penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan untuk memahami fenomena
sosial dari sudut atau perspektif partisipan.Sedangkan jenis penelitian yang
digunakan berdasarkan cara pengumpulan datanya adalah penelitian lapangan.
Dari penelitian tersebut peneliti memperoleh kesimpulan bahwa sikap
beragama siswa di SMA 1 Magetan dari tahun ke tahun semakin baik. Hal ini
tidak lepas dari penggunaan penilaian afektif dalam pembelajaran PAI yang
dimanfaatkan guru untuk menanamkan nilai- nilai keagamaan dalam diri siswa.
Dengan adanya penilaian afektif tersebut siswa akan bersikap hati- hati dalam
berbuat karena setiap perilaku mereka akan dinilai oleh guru.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa instrument penilaian afektif
dalam pembelajaran PAI yang digunakan di SMAN 1 Magetan adalah: (1)
penilaian keaktifan dalam diskusi kelompok, (2) penilaian sikap terhadap mata
pelajaran PAI, (3) penilaian akhlak mulia dan kepribadian, (4) pernyataan
kejujuran saat akan ulangan harian, serta (5) catatan kejadian (anecdotal record).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syaifuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, ReskiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Penilaian Afektif; Pembelajaran PAI; Sikap Beragama Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2015 04:28
Last Modified: 25 Mar 2015 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item