This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Umaroh, Siti (2014) PENGARUH PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SALAT PESERTA DIDIK KELAS IX DI MTs DARUSSALAM SIDODADI TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah melihat banyaknya masalah yang
berkaitan dengan pengamalan ibadah salat dalam hal peserta didik yang sering
menunda-nunda waktu salat, sering meninggalkan salat dan lain sebagainya.
Dengan demikian kita selaku pendidik berharap agar peserta didik tidak hanya
pandai mengantongi segudang pengetahuan agama saja, akan tetapi lebih jauh lagi
peserta didik mampu mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
terutama dalam hal ibadah salat. Masalah pengamalan ibadah salat merupakan
masalah yang sangat penting sebab menyangkut masa depan, kepribadian,
keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Allah SWT, lebih-lebih bagi
mereka yang nantinya sudah berkeluarga dan berperan penting dalam masyarakat.
Ada tiga masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana
prestasi belajar bidang studi fiqih peserta didik kelas IX di MTs Darussalam
Sidodadi Taman Sidoarjo? (2) Bagaimana pengamalan ibadah salat peserta didik
kelas IX di MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh
prestasi belajar bidang studi Fiqih terhadap pengamalan ibadah salat peserta didik
kelas IX di MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo?
Selanjutnya pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu
pendekatan kuantitatif. metode dokumentasi digunakan untuk mencari data
tentang prestasi belajar bidang studi fiqih (X). Sedangkan pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode angket sebagai instrumen untuk
memperoleh data tentang pengamalan ibadah salat (Y). Kemudian dianalisis
dengan teknik analisis Rergresi satu prediktor. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Tingkat prestasi belajar bidang studi fiqih peserta didik kelas IX di
MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo dapat dikategorikan baik, terbukti
dengan perolehan mean sebesar 79,3 pada interval 61 – 80 (2) Pengamalan
ibadah salat peserta didik kelas IX di MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo
tergolong kurang, hal ini terbukti dengan perolehan mean sebesar 35,6 yang
terletak pada interval 21 – 40 (3) Prestasi belajar bidang studi fiqih mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap Pengamalan ibadah salat peserta didik kelas
IX di MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo. Hal itu terbukti dengan hasil
perhitungan analisis regresi satu prediktor yaitu (Fsign hitung) sebesar 24,399.
Sedangkan (Fsign tabel) dengan taraf signifikansi 5% sebesar 4,10. Maka nilai Fsign
hitung > Fsign tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
antara prestasi belajar bidang studi fiqih terhadap pengamalan ibadah salat
peserta didik kelas IX di MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Anwar Rasjid | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Prestasi Belajar Bidang Studi Fiqih; Pengamalan Ibadah Salat Peserta didik; Prestasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 25 Mar 2015 06:18 | ||||||
Last Modified: | 25 Mar 2015 06:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1463 |
Actions (login required)
View Item |