KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosadi, Imam (2016) KEMAMPUAN NUMBER SENSE SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN GENDER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kemampuan number sense siswa SMA laki-laki dan perempuan yang berkemampuan matematika tingkat tinggi, sedang maupun rendah dalam menyelesaikan soal barisan dan deret. Kemampuan number sense dideskripsikan berdasarkan 4 komponen penting yang meliputi pemahaman besaran bilangan, perhitungan mental, estimasi hitung dan menilai kelayakan hasil. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. 12 subyek dipilih dari hasil tes kemampuan matematika kepada 32 siswa kelas X-MIPA-3 serta saran dari guru SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Data diperoleh dari hasil tes kemampuan number sense dan wawancara yang diberikan kepada 12 subyek tersebut. Prosedur analisis data meliputi reduksi data, pemaparan data, penafsiran data dan diakhiri penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh bahwa siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi laki-laki mampu memahami besaran bilangan, mampu melakukan perhitungan mental, mampu melakukan estimasi hitung dan mampu menilai kelayakan hasil dalam menyelesaikan soal barisan dan deret serta memperoleh jawaban dengan lancar. Siswa berkemampuan matematika tingkat tinggi perempuan juga mampu memahami besaran bilangan, mampu melakukan perhitungan mental, mampu melakukan estimasi hitung dan mampu menilai kelayakan hasil dalam menyelesaikan soal barisan dan deret serta memperoleh jawaban dengan benar. Siswa berkemampuan matematika tingkat sedang laki-laki mampu memahami besaran bilangan, mampu melakukan perhitungan mental, mampu melakukan estimasi hitung dan mampu menilai kelayakan hasil dalam menyelesaikan soal barisan dan deret serta dapat memperoleh jawaban dengan lancar dan benar. Siswa berkemampuan matematika tingkat sedang perempuan juga telah mampu memahami besaran bilangan, mampu melakukan perhitungan mental, mampu melakukan estimasi hitung dan mampu menilai kelayakan hasil dalam menyelesaikan soal barisan dan deret serta memperoleh jawaban dengan benar, sedangkan siswa dengan kemampuan matematika tingkat rendah laki-laki hanya dapat memenuhi komponen perhitungan mental saja, mereka tidak dapat memahami besaran bilangan dan tidak mampu melakukan estimasi hitung. Siswa berkemampuan matematika tingkat rendah perempuan juga hanya dapat memenuhi komponen perhitungan mental dan menilai kelayakan hasil saja, mereka tidak mampu memahami besaran bilangan, tidak mampu melakukan estimasi hitung dan tidak mampu menilai kelayakan hasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosadi, Imamimam.rosadi1546@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Number Sense; Barisan dan Deret; Kemampuan Matematika; Gender
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rosadi Imam
Date Deposited: 28 Dec 2016 06:45
Last Modified: 28 Dec 2016 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item