Resolusi dan manajemen konflik di Institusi Pendidikan Islam: studi kasus di Pondok Pesantren Al Ichsan Brangkal Sooko, Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhsin, Ali (2016) Resolusi dan manajemen konflik di Institusi Pendidikan Islam: studi kasus di Pondok Pesantren Al Ichsan Brangkal Sooko, Mojokerto. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (913kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (324kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14806

Abstract

Dewasa ini, membicarakan pesantren ditengah-tengah kondisi masyarakatyang tengah mengalamikrisis multidimensional, menjadi begitu bermakna. Ini karena pesantren terbukti mampu menampilkan diri sebagai pendidikan yang memungkinkan santri belajar secara tuntas, tidak hanya terbatas transfer ilmu pengetahuan-ilmu pengetahuan, tetapi juga aspek pembentukan kepribadian secara menyeluruh. Akan tetapi, karena realitas plural di pondok pesantren yang lahir dengan adanya multifigure ternyata menyumbang munculnya konflik antara elit dan membawa berbagai dampak terhadap pengelolaan pendidikan, maka konflik perlu diteliti dan dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas konflik yang terjadi di Pesantren Al Ichsan; sumber-sumber konflik yang terjadi di Pesantren Al-Ichsan; dampak konflik terhadap manajemen pesantren; dan resolusi konflik yang dilakukan oleh Pesantren Al Ichsan dalam upaya menyelesaikan konflik yang terjadi. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu “informan” dan “subyek penelitian”. Analisis data digunakan dengan teknik Analisis Data deskriptif kualitatif yang terdiri dari 3 alur dan saling berkaitan, sebagaimana pendapat Milles dan Hubberman, yaitu: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Konflik laten antar individu para elit berkembang menjadi konflik antar kelompok santri dan memanifestasi dalam bentuk perang urat syaraf. 2) Faktor penyebab konflik adalah dari faktor internal elit pesantren dan faktor eksternal yaitu; faktor ekonomi, perebutan kekuasaan, keluarga dan kewenangan politik, perbedaan pendidikan dan pandangan manajemen. 3) Konflik berimplikasi disfungsional terhadap pengelolaan pendidikan, yaitu dalam konteks struktur organisasi, konteks kepemimpinan, konteks fungsi-fungsi manajemen, konteks aspek manajemen. dan hilangnya kepercayaan masyarakat. 4) Resolusi konflik dilakukan hanya dipermukaan saja yaitu dengan cara tabayyun dan musyawarah serta menghadirkan pihak ketiga yang dianggap mempunyai kredibilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhsin, Aligusalimuhsin@gmail.comF53312071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaris, Abd.prof.abdharis@yahoo.com2021106201
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: konflik; institusi Islam; resolusi konflik; pengelolaan pendidikan; elit pesantren
Divisions: Program Doktor > Ilmu Keislaman
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2017 08:04
Last Modified: 16 Dec 2019 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item