SEGREGASI KELAS BERBASIS GENDER : STUDI TENTANG KEUNGGULAN DAN PROBLEMATIKA DI MAN 1 SUMENEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Hairul (2013) SEGREGASI KELAS BERBASIS GENDER : STUDI TENTANG KEUNGGULAN DAN PROBLEMATIKA DI MAN 1 SUMENEP. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Cita-cita luhur para tokoh bangsa pejuang negara Indonesia adalah mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya lahir dan batin. Pemerintah melalui PP Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan, pada bab II pasal 2 dinyatakan bahwa pendidikan agama berfungsi membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan antar umat beragama dan pendidikan agama.
Berdasarkan dari realita yang ada pada dunia pendidikan, bahwasanya pendidikan agama kurang maksimal, sehingga yang melatar belakangi penulis untuk meneliti kebijakan yang diterapkan di MAN 1 Sumenep yaitu Segregasi Kelas Berbasis Gender guna mengetahui keunggulan dan problematika yang terjadi pada proses KBM, sehingga dapat menemukan solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini dapat dirumuskan, 1) Bagaimana proses penerapan segregasi kelas berbasis gender di MAN 1 Sumenep, 2) Bagaimana keunggulan segregasi kelas berbasis gender di MAN 1 Sumenep, 3) Bagaimana problematika atau kelemahan segregasi kelas berbasis gender di MAN 1 Sumenep.
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu, 1) Mengetahui penerapan segregasi kelas berbasis gender di MAN 1 Sumenep. 2) Menemukan keunggulan segregasi kelas berbasis gender di MAN 1 Sumenep. 3) Menemukan problematika atau kelemahan segregasi kelas berbasis gender di MAN 1 Sumenep.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi (1) Pendekatan dan Jenis Penelitian: Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, pendekatan ini digunakan untuk menelusuri dari proses penerapan segregasi kelas berbasis gender, dan keunggulan serta problematika yang terjadi di dalamnya. (2) Pengumpulan data: Teknik Observasi, Teknik Interview , dan Teknik Dokumentasi. (3) Teknik Analisa Data: Untuk menganalisa data yang bersifat kualitatif penulis menggunakan tekhnik analisa deskriptif.
Hasil penelitian dari penerapan segregasi kelas berbasis gender dapat disimpulkan berhasil dan bagus diterapkan dilembaga, baik lembaga madrasah ataupun sekolah umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zaki Fuad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, HairulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Segregasi Kelas; Berbasis Gender; MAN
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2015 04:59
Last Modified: 30 Mar 2015 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item