Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan sistem anak asuh di Yayasan Panti Asuhan Putra Putra Pahlawan ABRI Jatim di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Wuryanti Ummu (1995) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan sistem anak asuh di Yayasan Panti Asuhan Putra Putra Pahlawan ABRI Jatim di Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14889

Abstract

Agama islam memberikan petunjuk dan pedoman hidup dalam seluruh segi hidup dan kehidupan manusia yang sangat luas. Berarti, segala peraturan dan norma hukum yang telah ditetepkan islam mengikat setiap pemeluknya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesempurnaan manusia, juga bertujuan untuk membangun kesadaran manusia yang dapat memandang kehidupan dunia maupun akhirat sebagai satu kesatuan yang tunggal. Islam menghendaki terciptanya keseimbangan antara kesejahteraan seseorang dengan aturan aturan moral, menghimbau manusia agar mencari kesejahteraan dunia maupun akhirat. Perumusan masalah dalam pembahasan ini adalah 1). Sejauhmanakah pelaksanaan sistem anak asuh di yayasan panti asuhan putra putra pahlawan ABRI Jatim di surabaya pada tahun 1995? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan sistem anak asuh di yayasan panti asuhan tersebut? 3). Adakah penyimpangan penyimpangan dari norma norma menurut hukum islam? Dalam penulisan ini digunakan metode deskriptif, metode induktif dan metode verifikasi. Metode deskriptif merupakan data yang mula mula dikumpulkan, disusun, dijelaskan kemudian di analisa, sehingga menjadi suatu keterangan yang benar tanpa mengambil suatu kesimpulan. Metode induktif yaitu mengemukakan fakta/kenyataan kenyataan dari hasil penelitian kemudian ditarik suatu kesimpulan secara umum tentang pelaksanaan sistem anak asuh di yayasan panti asuhan putra putra pahlawan ABRI Jatim di Surabaya. Metode verifikasi yaitu suatu kegiatan pemeriksaan/penelitian mengenai kebenaran suatu pernyataan/keterangan. Kesimpulan dari pembahasan ini yayasan panti asuhan putra putra pahlawan ABRI jatim di surabaya memberikan pelayanan yang bersifat pemeliharaan kepada anak anak yatim disebabkan ketidak mampuan orang tua dalam memenuhi hak hak dasar anak yaitu pendidikan. Dalam pelaksanaan sistem anak asuh di yayasan pantu asuhan putra putra pahlawan ABRI jatim di surabaya, tidak terdapat penyimpangan penyimpangan dari norma norma hukum islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Wuryanti Ummu--019100108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchari, A.----
Subjects: Hukum Islam
Anak > Pengangkatan Anak
Keywords: Hukum Islam; Anak Asuh; Panti Asuhan; Pahlawan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2017 04:28
Last Modified: 15 Apr 2020 10:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14889

Actions (login required)

View Item View Item