Implementasi muatan Khas Sirah dalam pendidikan karakter siswa: studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Raghibi, Muh. (2013) Implementasi muatan Khas Sirah dalam pendidikan karakter siswa: studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan program dari pemerintah untuk di implementasikan dalam pembelajaran yang ada disekolah, dengan tujuan agara siswa memiliki kepribadian bangsa Indonesia yang kuat, tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif akibat kemajuan teknologi dan komunikasi saat ini. Pelajaran sirah merupakan pelajaran khas yang ada di SMP Al Hikmah yang berisi tentang kisah-kisah, kajian tokoh dari para nabi, sahabat, dan pejuang Islam untuk diteladani karakter yang di miliki, dengan harapan agar siswa memiliki karakter islami sesuai dengan tuntunan al Qur’an dan al Sunnah. Materi sirah di SMP Al Hikmah adalah disesukan dengan jenjang yang ada. Pada jenjang VII materi sirah berisi tentang kajian para Nabi dan Rosul, selanjutnya di jenjang
materi sirah berisi tentang kajian para sahabat Nabi Khulafaur Rasyidin dan para sahabat lain yang layak untuk dijadikan teladan, sedangkan pada jenjang IX materi sirah berisi tentang para tokoh pejuang Islam para ilmuan Islam yang memberikan pengaruh luar biasa dalam sejarah kemajuan Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah implementasi muatan sirah dalam pendidikan karakter siswa di SMP Al Hikmah, serta untuk mengetahui manfaat dari penerapan sirah dalam menanamkan karakter islami kepada siswa, serta mengetahui kendala yang dihadapai dari penerapan materi sirah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif Fenomonologis. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Al-Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa penerapan materi sirah dalam pendidikan karakter siswa di SMP Al Hikmah sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun dalam pelaksanannya terdapat kendala yang di alami oleh guru. Metode yang digunakan dalam pembelajaran sirah ini adalah: Metode Ceramah, Tanya Jawab, Metode
Resitasi Atau Penugasan, Metode Diskusi, Metode Discovery-Inquiry, Metode Demonstrasi dan Metode. Diantara manfaat dari penerpan model pembelajaran tersebut adalah siswa bisa menerima pembelajaran dengan efektif dan siswa menjadi mudah dalam menangkap atau menerima materi pelajaran yang diberikan guru, siswa dan siswi juga dapat memiliki wawasan yang luas, karena begitu banyaknya ilmu yang diserap dengan cara yang efektif dan mapan dari guru. Adapun kendala-kendala penerapan materi sirah antara lain: menyamakan visi dan misi dari pelajaran sirah antara hasil pendidikan disekolah dengan dilingkungan keluarga karena
masih dari sebagian oangtua yang belum bisa menjalankan apa yang telah diajarkan oleh siswa yaitu berprilaku islami dalam kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Raghibi, Muh.--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Pendidikan Karakter; Muatan Khas; Sirah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2015 08:49
Last Modified: 27 Sep 2018 08:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item