RATIONAL EMOTIVE THERAPY DALAM MENANGANI NEGATIVE THINKING SEORANG ANAK TERHADAP IBU TIRINYA DI DESA TLOGO POJOK GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'ah, Farihatur (2017) RATIONAL EMOTIVE THERAPY DALAM MENANGANI NEGATIVE THINKING SEORANG ANAK TERHADAP IBU TIRINYA DI DESA TLOGO POJOK GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses Rational Emotive Therapy dalam menangani negative thinking seorang anak terhadap ibu tirinya di Desa Tlogo Pojok Gresik? (2) Bagaimana hasil akhir Rational Emotive Therapy dalam menangani negative thinking seorang anak terhadap ibu tirinya di Desa Tlogo Pojok Gresik?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian di analisa menggunakan analisa deskriptif komparatif. Sedangkan dalam mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis dilaksanakan untuk mengetahui proses konseling dengan Rational Emotive Therapy dilakukan dengan membandingkan antara sebelum dan sesudah dilakukan proses konseling. Proses konseling dengan Rational Emotive Therapy adalah melalui identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, treatment/terapi, dan yang terakhir follow up/evaluasi. Pada penelitian ini menggunakan Rational Emotive Therapy, yang mana peneliti menggunakan 4 teknik yaitu Self Modeling, Dispute Cognitive, Assertive Training dan Teknik Reframing. Dengan menggunakan teknik tersebut konselor bisa membantu konseli untuk merubah pikiran yang irasional menjadi rasional serta merubah perilaku yang negatif ke arah yang positif. Sedangkan hasil akhir dari proses konseling terhadap konseli dalam penelitian ini dinyatakan cukup berhasil dengan prosentase 75 % yang mana hasil penelitian tersebut dapat dilihat adanya perubahan yang ada pada diri konseli atau sikap konseli yang sebelumnya mempunyai pikiran-pikiran negatif dan sikap atau perilaku yang jelek terhadap ibu tirinya, setelah dilakukan proses konseling pikiran dan sikap yang jelek sedikit demi sedikit mulai hilang dan konseli sudah mau berkomunikasi dengan baik lagi serta konseli sudah mulai berkomunikasi dan tidak cuek, tidak acuh tak acuh terhadap ibu tirinya. Pola pikir yang irasonal sekarang sudah hilang kepada ibu tirinya serta konseli juga sudah mulai bersemangat lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'ah, Farihaturfariha.rifah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rif'ah Farihatur
Date Deposited: 01 Feb 2017 02:54
Last Modified: 01 Feb 2017 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

View Item View Item