Biblioterapi dalam meningkatkan keterampilan interpersonal seorang siswi Kelas VIII di SMP Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghufron, Faradilah Rosyada (2017) Biblioterapi dalam meningkatkan keterampilan interpersonal seorang siswi Kelas VIII di SMP Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
B73213088 Faradilah Rosyada Ghufron 2017 ok.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1)bagaimana proses pelaksanaan biblioterapi dalam meningkatkan keterampilan interpersonal?, dan 2)bagaimana hasil proses pelaksanaan biblioterapi dalam meningkatkan keterampilan interpersonal? Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan teknik analisa deskriptif komparatif. Data yang digunakan berupa hasil observasi dan wawancara yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Penelitian ini disimpulkan bahwa 1)proses pelaksanaan biblioterapi dalam meningkatkan keterampilan interpersonal yang dilaksanakan dengan mengikuti langkah-langkah proses konseling, yakni identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi dan tahap evaluasi dengan prosedur tearpi, a)memotivasi Konseli untuk aktif dalam terapi; b)konseli membaca bahan bacaan dengan nyaman : “Peter si Pendusta”, “Kisah Nyata: Hukuman untuk Pendusta di Dunia Semut”, “8 Keuntungan Bersikap Jujur dalam Kehidupan”, dan “Riwayat Nabi Muhammad SAW seri 1, 2, dan 3”, tahap ini terjadi mekanisme perubahan yakni berubahnya cara berpikir konseli, perasaan yang tersentuh dan adanya rencana yang menentukan perubahan dalam perilaku konseli; c) Konseli merenungkan bahan bacaan dengan peristiwa yang terjadi dihidupnya, terjadilah proses perubahan dengan bertambahnya wawasan konseli yang membantu konseli dalam menganalisis bacaan dengan permasalahan diri sehingga konseli bisa mengembangkan tindakan yang akan dilakukan selanjutnya; d)mendiskusikan tujuan hidup selanjutnya dengan konselor; e)menindaklanjuti rencana perubahan dengan mengaplikasikan dalam kehidupan. 2) Hasil pelaksanaan konseling menggunakan biblioterapi menunjukkan adanya sikap yang menonjol pada diri konseli, yakni mudah tersenyum dan bersikap rileks ketika berkomunikasi dengan orang lain. Konseli juga telah percaya diri ketika menjawab pertanyaan yang diajukan padanya, baik pertanyaan formal maupun nonformal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghufron, Faradilah Rosyadafaradilahrosyada.ghufron@gmail.comB73213088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Biblioterapi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rosyada Faradilah G
Date Deposited: 06 Feb 2017 04:00
Last Modified: 19 Sep 2025 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14975

Available Versions of this Item

  • Biblioterapi dalam meningkatkan keterampilan interpersonal seorang siswi Kelas VIII di SMP Khadijah Surabaya. (deposited 06 Feb 2017 04:00) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item