PENGARUH TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN AL MA'ARIF TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM LUAR SEKOLAH DI KOMPLEK PERUMAHAN YKP RUNGKUT MEJOYO SELATAN SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'ud, Abdulloh (1999) PENGARUH TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN AL MA'ARIF TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM LUAR SEKOLAH DI KOMPLEK PERUMAHAN YKP RUNGKUT MEJOYO SELATAN SURABAYA. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15003

Abstract

Pendidikan merupakan usaha dasar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia didalam maupun diluar sekolah dan berlangsung seumur hidup melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranannya dimasa mendatang. Pendidikan seumur hidup berarti bahwa setiap manusia diharapkan untuk selalu berkembang hidupnya, yang juga berarti manusia sekolah bukanlah satu satunya masa bagi orang untuk belajar. Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa bentuk bentuk pendidikan sangatlah beragam, misalnya pendidikan dari segi pengalaman, pengetahuan, kecakapan, ketrampilan dan tak kalah pentingnya pendidikan agama karena pada umumnya agama seseorang ditentukan oleh pendidikan, pengalaman dan latihan latihan yang dilaluinya dimasa kecil. Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah sebagai berikut 1). Bagaimanakah pelaksanaan TPA Al Ma'arif di komplek perumahan YKP Rungkut Mejoyo Selatan Surabaya? 2). Bagaimanakah pelaksanaan pendidikan agama islam dalam keluarga di komplek perumahan YKP Rungkut Mejoyo Selatan Surabaya? 3). Adakah pengaruh TPA Al Ma'arif terhadap pelaksanaan pendidikan agama islam di dalam keluarga di komplek perumahan YKP Rungkut Mejoyo Selatan Surabaya? Adapun metode yang digunakan pada pembahasan ini adalah metode observasi/pengamatan, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi. Pada pembahasan ini di gunakan metode observasi non partisipasi, hal ini disebabkan karena dalam menjalankan observasi tidak ikut serta tapi hanya mengamati disekitar kita. Metode interview atau wawancara yaitu tehnik mengumpulkan data dengan jalan tanya jawab yang dilakukan secara sistematis berdasarkan pada tujuan penelitian. Metode angket merupakan pertanyaan yang ditulis, pada pembahasan ini digunakan angket yang bersifat tidak langsung dan tipe pilihan dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Metode dokumentasi adalah benda yang tertulis yang mempunyai nilai sebagai alat pembuktian. Kesimpulan pada pembahasan ini adalah berdasarkan observasi dan interview yang dilakukan bahwa pelaksanaan TPA Al Ma'ruf di komplek perumahan YKP rungkut mejoyo sudah baik. Untuk kegiatan keagamaan dibagi menjadi tiga bagian menurut usia, hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama luar sekolah di sana cukup baik. Berdasarkan pada analisa data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh sangat lemah TPA Al Ma'ruf terhadap pelaksanaan pendidikan agama islam luar sekolah di komplek perumahan YKP rungkut mejoyo selatan surabaya dengan nilai 0, 12.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'ud, Abdulloh--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Anak
Keywords: Pendidikan; Al Qur'an; Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2017 03:32
Last Modified: 07 Dec 2017 17:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15003

Actions (login required)

View Item View Item