TERAPI ISLAM MELALUI HIPNOSHOLAWAT DALAM MENANGANI TRAUMA SEORANG MAHASISWA UINSA KORBAN BULLYING

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ursilawati, Ursilawati (2017) TERAPI ISLAM MELALUI HIPNOSHOLAWAT DALAM MENANGANI TRAUMA SEORANG MAHASISWA UINSA KORBAN BULLYING. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian skripsi ini ada dua, yaitu 1) Bagaimana proses terapi Islam melalui hipnosholawat dalam menangani trauma seorang mahasiswa UINSA korban bullying? 2) Bagaimana hasil akhir terapi Islam melalui hipnosholawat dalam menangani trauma seorang mahasiswa UINSA korban bullying ?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, dan analisa data deskriptif komparatif. Peneliti melakukan wawancara, mengamati dan mempelajari secara terperinci, mendalam dan menyeluruh terhadap perilaku trauma yang dialami seorang mahasiswa UINSA korban bullying di masa SMA. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses terapi Islam melalui hipnosholawat dalam menangani trauma seorang mahasiswa UINSA korban bullying. Dan adapun untuk mengetahui hasil akhir dari pemberian terapi Islam melalui hipnosholawat ini peneliti membandingkan antara teori dengan pelaksanaan terapi hipnosholawat di lapangan, mengamati dan membandingkan kondisi klien sekaligus simtom-simtom trauma klien antara sebelum dan sesudah pelaksanaan terapi Islam melalui hipnosholawat. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses terapi Islam melalui hipnosholawat menggunakan tahapan hipnoterapi antara lain pre induksi, induksi, deepening, dan terminasi. Namun yang berbeda dalam hipnosholawat terdapat tawasul atau doa serta pelafalan sholawat tibbil qulub untuk menciptakan keadaan khusyu’ dan berpasrah kepada Allah pada tahap pre induksi. Serta penambahan tahap giving solution (follow up) di akhir sesi. Sehingga tahapan hipnosholawat menjadi pre induksi, induksi, deepening dan terapeutik, terminasi lalu terakhir giving solution (follow up). Adapun dalam pemberian sugesti pada hipnosholawat menggunakan nilai-nilai sirah suri tauladan Rasulullah. Dalam hasil akhir terapi ini dapat dilihat klien mengalami perubahan yang lebih positif, simtom-simtom trauma yang dirasakan mulai berkurang. Klien mampu mengelola emosi, pikiran dan perbuatan yang merupakan respon traumanya menjadi lebih baik dan positif. Klien mampu menerapkan nilai-nilai suri tauladan Rasulullah untuk mengatasi trauma yang dimiliki. Sehingga klien kembali menunjukkan kompetensi dirinya dan mampu mengaktualisasikan diri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ursilawati, Ursilawatiursilawati07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi
Keywords: Trauma; Terapi Islam; hipnosholawat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ursilawati Ursilawati
Date Deposited: 14 Feb 2017 08:02
Last Modified: 14 Feb 2017 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15152

Actions (login required)

View Item View Item