TERAPI BERMAIN LOMPAT JINGKAT ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA PADA ANAK DOWN SYNDROM DI PAUD INKLUSI MELATI TRISULA SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masitho, Syayida Miftakhul Wahyu (2017) TERAPI BERMAIN LOMPAT JINGKAT ANGKA UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA PADA ANAK DOWN SYNDROM DI PAUD INKLUSI MELATI TRISULA SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah, (1) Bagaimana proses pelaksanaan terapi bermain lompat jingkat angka untuk mengembangkan kognitif dalam mengenal angka pada anak down syndrom di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo?, (2) Bagaimana hasil terapi bermain lompat jingkat angka untuk mengembangkan kognitif dalam mengenal angka pada anak down syndrom di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif yaitu membandingkan data yang ada pada teori dengan data yang terdapat pada lapangan. Sedangkan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi berperan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil dengan membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah melakukan proses terapi bermain lompat jingkat angka. Penelitian ini berusaha mengembangkan kognitif konseli melalui terapi bermain lompat jingkat angka, yaitu permainan yang melatih konsentrasi dan ingatan konseli terhadap bentuk dan makna angka. Selain itu untuk menimbulkan semangat konseli dalam menjalani permainan ini, peneliti menerapkan teknik reinforcement berupa pujian dan pelukan bila konseli mampu membilang angka satu sampai tiga. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kognitif klien kurang berkembang yang ditandai dengan kurangnya konsentrasi, tidak dapat membilang, dan cenderung melakukan segala sesuatu dengan asal-asalan. Melalui terapi bermain lompat jingkat angka, hasil akhir dari Bimbingan dan Konseling Islam dinyatakan cukup berhasil karena konseli sebelumnya tidak mengenal angka sama sekali, konsentrasi mudah teralihkan, dan berlaku asal-asalan. Namun, setelah diterapkan terapi bermain lompat jingkat angka konseli mampu membilang angka satu sampai tiga, mampu berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama, dan perilaku asal-asalannyapun dapat terminimalisir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masitho, Syayida Miftakhul Wahyusyayida.masitho@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Anak
Keywords: Terapi bermain lompat jingkat angka; Kognitif; Anak down syndrom
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Masitho Syayida Miftakhul Wahyu
Date Deposited: 14 Feb 2017 03:05
Last Modified: 14 Feb 2017 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15165

Actions (login required)

View Item View Item