Terapi behavioral untuk menangani kecanduan media televisi seorang anak remaja di Kelurahan Ketintang Surabaya : studi kasus seorang anak smp yang sering menggunakan media televisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widiarsa, Prasidhi Sunusurya (2017) Terapi behavioral untuk menangani kecanduan media televisi seorang anak remaja di Kelurahan Ketintang Surabaya : studi kasus seorang anak smp yang sering menggunakan media televisi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibahas dengan rumusan masalahnya adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana aplikasi Terapi Behavioraluntuk Menangani Kecanduan Media Televisi Seorang Remaja Di Kelurahan Ketintang Surabaya? (2) Bagaimana hasil dari penerapan Terapi Behavioraluntuk Menangani Kecanduan Media Televisi Seorang Remaja Di Kelurahan Ketintang Surabaya.Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif yaitu membandingkan data teori dengan data yang ada di lapangan.Peneliti menggunakan Terapi Behavioral dalam melakukan proses terapinya. Terapi ini merubah perilaku klien yang awalnya maladptif menjadi adaptif. Penelitian ini menggunakan teknik behavioral (penguatan dan model) membrikan perbahan perilaku dengan adanya hadiah yan diberikan dan percontohan. Menjadi salah satu cara dalam proses terapi ini sehingga ketika dikaitkan dengan masalah kecanduan media televisi, maka konselor dalam memberikan bimbingannya selalu berusaha merubah perilaku maladptif menjadi adaptif, menyadarkan serta menggerakkan hati dan fikirannya untuk selalu meninggalkan televisi serta melaksanakan tanggung jawabnya yang memang harus dilaksanakan, di awalkan dan tidak untuk di tinggalkan karena kegiatan atau alasan apapun. Melalui cara ini klien dapat sadar akan apa yang telah dilakukannya itu tindakan yang merugikan diri sendiri. Tergerak hati klien untuk meninggalkan televisi dan mulai melaksanakan tanggung jawabnya tanpa bermalas-malasan. Menurut penuturan klien mengerjakan tanggung jawabnya tanpa menunda-nunda sangat nyaman karena, dia bisa merasakan menjalankan dengan tepat waktu setelah menjalani proses terapi dapat dijelaskan bahwa klien mengalami perubahan yang cukup baik, khususnya secara psikis hal tersebut terlihat dari pengakuan klien yang telah sadar atas perbuatan klien sebelumnya, klien juga sudah mengurangi melihat televisi dan mengerjakan tanggung jawabnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widiarsa, Prasidhi Sunusuryaprasidhisunu96@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi
Remaja
Keywords: Terapi Behavioral; Kecanduan; Media Televisi; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Widiarsa Prasidhi Sunusurya
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:52
Last Modified: 27 Jan 2020 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15194

Actions (login required)

View Item View Item