PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairudin, Imam (2017) PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Setiap guru mempunyai persepsi yang berbeda-beda terhadap ABK. Ada sebagian guru yang tidak peduli lagi terhadap prestasi, perilaku, dan permasalahan ABK, namun ada pula guru yang membantu dengan memberikan pendekatan-pendekatan terhadap ABK. Disamping itu, keberhasilan belajar ABK juga dipengaruhi oleh sikap guru. Sikap yang positif terhadap ABK dapat meningkatkan minat belajar menjadi lebih maksimal. Sedangkan sikap yang negatif terhadap ABK dapat menurunkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persepsi dan sikap guru terhadap ABK dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah 2 guru matematika dengan melibatkan 5 siswa ABK kelas VIII SMP Negeri 29 Surabaya tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) persepsi guru matematika terhadap ABK dalam pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 29 Surabaya adalah baik (67,69%) yaitu, [a] guru tidak boleh membeda-bedakan antara ABK dengan siswa biasa, [b] guru mampu memberikan perhatian secara lebih/khusus pada ABK, [c] guru mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman pada ABK, [d] guru dapat memberikan tambahan waktu untuk ABK yang merasa kesulitan dalam pembelajaran. (2) sikap guru matematika terhadap ABK dalam pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Negeri 29 Surabaya adalah baik (78,68%) yaitu, [a] guru bersikap ramah pada ABK [b] guru bersikap sabar dalam menjelaskan materi pada ABK, [c] guru berusaha membimbing ABK untuk membuat kelompok ketika berdiskusi, [d] guru berusaha membantu ABK yang kesulitan dalam mengerjakan soal diskusi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairudin, Imamimam.khairudin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Persepsi Guru; Anak Berkebutuhan Khusus (ABK); Pembelajaran Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairudin Imam
Date Deposited: 20 Feb 2017 03:37
Last Modified: 20 Feb 2017 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item