TERAPI REALITAS UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI SANTRI MADRASAH DINIYAH : STUDI KASUS SEORANG SANTRI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM 1 SUMBERDAWESARI GRATI PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khabibah, Nikmatul (2017) TERAPI REALITAS UNTUK MEMBANTU PENYESUAIAN DIRI SANTRI MADRASAH DINIYAH : STUDI KASUS SEORANG SANTRI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL ULUM 1 SUMBERDAWESARI GRATI PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Terapi Realitas Untuk Membantu Penyesuaian Diri Santri Madrasah Diniyah (studi kasus: seorang santri Madrasah Diniyah Miftahul Ulum 1 Sumberdawesari Grati Pasuruan)? (2) Bagaimana Hasil Terapi Realitas Untuk Membantu Penyesuaian Diri Santri Madrasah Diniyah (studi kasus: seorang santri Madrasah Diniyah Miftahul Ulum 1 Sumberdawesari Grati Pasuruan)?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskripstif komparatif, yakni membandingkan data teori dan data di lapangan serta perilaku konseli sebelum dan sesudah menerima terapi realitas. Proses terapi realitas untuk membantu penyesuaian diri santri madrasah diniyah di Kabupaten Pasuruan, tepatnya di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum 1 Sumberdawesari dilaksanakan melalui tahapan identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, teratment dan evaluasi/follow up. Adapun pada proses treatment konselor menggunakan teknik WDEP (Want, Doing, Evaluation dan Plans) kemudian memberikan motivasi sebagai penguatan untuk berkomitmen dan merealisasikan rencana tindakan bertanggungjawab yang sudah dibuat oleh konseli. Hasil terapi realitas untuk membantu penyesuaian diri seorang santri madrasah diniyah di Kabupaten Pasuruan, tepatnya di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum 1 Sumberdawesari dapat ditunjukkan dengan hasil prosesntase 90.9%. Hasil tersebut dilihat dari kesediaan konseli untuk melakukan rencana-rencana yang telah dibuatnya untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan madrasah diniyah serta adanya perubahan dari sikap/perilaku konseli seperti tidak merasa malu lagi dengan situasi yang dihadapi, mampu membuat jadwal belajar khusus madrasah diniyah, berusaha untuk menjadi contoh yang baik bagi teman-temannya dan lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran madrasah diniyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khabibah, Nikmatulhabibahchadziq@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Remaja
Santri
Keywords: Terapi Realitas; Penyesuaian Diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Khabibah Nikmatul
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:56
Last Modified: 20 Feb 2017 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

View Item View Item