NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI A.A. NAVIS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Moh. Farid (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN ROBOHNYA SURAU KAMI A.A. NAVIS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Upaya untuk memperbaiki moralitas bangsa yang kian merosot terus dilakukan salah satunya dengan mengimplementasikan pendidikan karakter dalam tiap jenjang pendidikan. Namun tentu bukan hal yang mudah untuk melakukannya apalagi menikmati hasilnya dalam waktu yang singkat. Diperlukan alternatif lain untuk mendukung upaya perbaikan moralitas bangsa selain implementasi pendidikan karakter dalam tiap jenjang pendidikan. Salah satu alternatif lain yang coba ditawarkan adalah penghayatan terhadap karya sastra. Karena karya sastra dengan segala unsur imajinasinya mampu membimbing pembacanya pada keluasan berpikir, bertindak, dan berkarya. Selain itu karya sastra juga punya andil untuk membentuk pribadi keinsanan seseorang, memupuk kehalusan adab dan budi individu serta masyarakat agar menjadi masyarakat yang berperadaban.
Bentuk karya sastra yang menjadi objek penelitian skripsi ini adalah cerpen. Karena dengan membaca cerpen seseorang akan mendapat pengalaman pengganti, kenikmatan mengembangkan imajinasi, mengembangkan pengertian tentang perilaku manusia, dan dapat menyuguhkan pengalaman yang universal. Cerpen yang menjadi objek penelitian skripsi ini berjudul Robohnya Surau Kami. Dalam cerpen ini A.A. Navis mencoba mengkritik kepada orang-orang yang taat beragama namun melalaikan kewajiban sosialnya dalam bermasyarakat dan bernegara.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerpen Robohnya Surau Kami. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan objek cerpen Robohnya Surau Kami. pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dan dianalis dengan metode interpretasi yakni dengan memberikan pemaknaan yang lebih luas dari data yang terkumpul.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dalam cerpen Robohnya Surau Kami terkandung nilai-nilai pendidikan karakter yang meliputi; Cinta Allah dan Ciptaan-Nya, kemandirian dan tanggung jawab, percaya diri dan kerja keras, kritis dan kreatif, rasa ingin tahu, peduli sosial, baik dan rendah hati, serta dermawan, suka tolong-menolong dan gotong royong/kerjasama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Moh. FaridUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Nilai; Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2015 08:24
Last Modified: 06 Apr 2015 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item