Efektifitas implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa MTs Salafiyah Kerek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Mar'atus (2017) Efektifitas implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa MTs Salafiyah Kerek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Efektifitas Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Siswa MTs Salafiyah Kerek ini menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar fiqih siswa di MTs Salafiyah Kerek, (2) Bagaimana prestasi belajar fiqih siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning di MTs Salafiyah Kerek (3) Bagaimana efektivitas implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan prestasi belajar fiqih siswa MTs Salafiyah Kerek Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis menyebarkan angket kepada siswa yang angket tersebut berisi tentang penerapan model pembelajaran problem based learning dan angket tentang prestasi belajar fiqih siswa serta mengadakan pre-test dan post-test. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di MTs. Slafiyah Kerek sudah dilaksanakan dengan cukup baik.Hal ini terbukti dari hasil analisis angket yang telah disebarkan dan diisi oleh siswa mendapatkan prosentase sebesar 72,4%. Prestasi belajar fiqih siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran problem based learning mendapatkan hasil rata-rata ketercapaian KBK skor pre-test adalah 80.6 serta nilai rata-rata sebelum penerapan 81.4 dan hasil rata-rata ketercapaian KBK skor post-test 87.09% serta nilai rata-rata sesudah penerapan 87.06.Dari efektivitas implementasi model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar fiqih siswa MTs Salafiyah Kerek. Dapat diketahui dari perhitungan data yang ada bahwa -ttabel jauh lebih besar dari thitung yakni -2,042 >-4,7, maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Mar'atusmaratussholihah14@gmail.comD21212180
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, SaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Model pembelajaran PBL; prestasi belajar; Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sholihah Mar'atus
Date Deposited: 20 Feb 2017 06:22
Last Modified: 28 Oct 2024 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item