IDENTITAS KOMUNIKASI REMAJA PENGGUNA LINE : STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMAN 13 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sendari, Putri Isti'adzah (2017) IDENTITAS KOMUNIKASI REMAJA PENGGUNA LINE : STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMAN 13 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti mengangkat fokus penelitian, yaitu : Bagaimana kecenderungan remaja menampilkan identitas komunikasinya di media LINE ? Penelitian dengan pendekatan kuantitatif, mendeskripsikan identitas komunikasi remaja pengguna LINE. Dalam menentukan jumlah sampel menggunakan stratified sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 79. Data yang diperoleh dari informan menggunakan metode angket. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa para remaja pengguna LINE di SMAN 13 Surabaya didominasi dengan remaja yang cenderung pada real life identity (73,4%). Kemudian untuk remaja dengan identitas anonymity dan pseudonymity berdasarkan data yang diperoleh peneliti diketahui lebih besar prosentase identitas pseudonymity dibandingkan dengan identitas anonymity. Menurut sajian data diketahui bahwa remaja yang menyatakan menggunakan identitas campuran (pseudonymity) sebanyak 12 orang (15,2%) dan remaja yang menggunakan identitas palsu (anonymity) sebanyak 9 orang (11,4%). Pengungkapan identitas diri secara jujur menjadi sangat penting. Sebisa mungkin seseorang seharusnya menggunakan identitas aslinya di berbagai kepentingan baik itu untuk nama di media sosial atau dalam pergaulan. Hal ini dikarenakan identitas diri seseorang juga dapat dipahami sebagai keseluruhan ciri-ciri fisik, disposisi yang dianut dan diyakininya serta daya-daya kemampuan yang dimilikinya. Kesemuanya merupakan kekhasan yang membedakan orang tersebut dari orang lain dan sekaligus merupakan integrasi tahap-tahap perkembangan yang telah dilalui sebelumnya. Oleh karena itu, para remaja yang menjadi responden dalam penelitian ini khususnya dan remaja di luar penelitian ini pada umumnya hendaknya menggunakan identitas asli untuk media sosial yang digunakannya. Agar, komunikasi yang dijalin bisa saling jujur dan terbuka terlebih lagi penggunaan LINE ini juga salah satunya bertujuan untuk memperluas jaringan pertemanan. Supaya jaringan pertemanan bisa dilakukan dengan baik dapat diawali dengan penyampaian tujuan yang baik melalui penggunaan identitas asli yang ditampilkan dalam ID LINE masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sendari, Putri Isti'adzahistiadzahputri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sendari Isti'adzah Putri
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:22
Last Modified: 21 Feb 2017 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15381

Actions (login required)

View Item View Item