NILAI BERITA DAN ETIKA MEDIA TINJAUAN TEORI EKONOMI DAN POLITIK MEDIA-MOSCO : ANALISIS TEKS PEMBERITAAN PERAMPOKAN DAN PENYANDERAAN DI PONDOK INDAH JAKARTA 3 SEPTEMBER 2016 DI KOMPAS TV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astqolani, Aziz Hakim (2017) NILAI BERITA DAN ETIKA MEDIA TINJAUAN TEORI EKONOMI DAN POLITIK MEDIA-MOSCO : ANALISIS TEKS PEMBERITAAN PERAMPOKAN DAN PENYANDERAAN DI PONDOK INDAH JAKARTA 3 SEPTEMBER 2016 DI KOMPAS TV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Televisi berformat berita atau berorientasi pada kegiatan jurnalistik di Indonesia salah satunya adalah Kompas TV. Persaingan antar televisi berformat berita di Indonesia terkait pemberitaan “media event” yang dikemas kedalam jurnalistik terikat (embedded-journalism) memiliki potensi yang tinggi untuk adanya kesalahan terkait pemberitaan yang dilakukan oleh media, salah satunya terkait etika. Selain itu, “media event” seringkali hanya mengutamakan satu unsur nilai berita, artinya pemilihan peristiwa tersebut mungkin saja tidak berdampak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah nilai berita dalam pemberitaan kasus perampokan dan penyanderaan di Pondok Indah Jakarta dan mendeskripsikan etika media dalam pemberitaan kasus perampokan dan penyanderaan di Pondok Indah Jakarta. Kajian pustaka dari penelitian ini ada tiga artikel. pertama, penekanan atas berita sebagai karya jurnalistik. Kedua, persamaan tujuan televisi sebagai media komunikasi massa dengan jurnalistik televisi sebagai bagian konten didalamnya. Ketiga, cara media mengekspos berita kriminal sesuai dengan kriteria jurnalistik yang baik. Kajian teori yang digunakan adalah teori ekonomi dan politik media yang melihat bagaimana cara pengambilan keputusan media dalam ruang pemberitaan.Dengan menggunakan metode penelitian analisis teks kuantitatif deskriptif, terkait nilai berita dan etika media dalam pemberitaan kasus perampokan dan penyanderaan di Pondok Indah Jakarta dihasilkan data penelitian yakni terdapat nilai berita aktualitas sebanyak 5 kali, nilai kedekatan muncul sebanyak 15 kali, nilai dampak positif muncul sebanyak 7 kali, nilai berita dampak negatif muncul sebanyak 0 kali, nilai berita Human interst muncul sebanyak 83 kali dengan rincian kategori ketegangan (seuspense) sebanyak 28 kali, kategori ketidaklaziman (unusualness) sebanyak 18 kali, kategori minat (personal interst) muncul sebanyak 7 kali, kategori Konflik (conflict) sebanyak 13 kali, kategori Simpati (sympathy) sebanyak 11 kali, kategori Kemanusian muncul sebanyak 8 kali, kategori Seks (sex) sebanyak 0 kali. Dan Pencatatan berdasarkan kategori usia (age) muncul sebanyak 0 kali. Ini berarti pemberitaan memiliki nilai berita yang banyak dan variatif. Dengan kepuasan sesegera dan terasuk kedalam jenis berita yang menarik. Terkait etika media, Kompas TV tidak melanggar 1 pun etika media, dengan indikator objektifitas, memiliki tingkat pemberitaan mengenai tersangka sebanyak 196 kali. Pemberitaan mengenai korban sebanyak 183 kali. Pemberitaan mengenai polisi sebanyak 165 kali dalam artian pembagian pemberitaan pihak yang terlibat merata. Berdasarkan kejujuran, Kompas TV tidak melakukan pelanggaran fakta, hampir keseluruhan merupakan pendapat narasumber yang diulas lagi. Tidak ada satu pemberitaanpun yang memenuhi unsur pelanggaran pemberitaan yang sensasional. Selain itu, Kompas TV juga menghargai adanya privacy serta tidak melakukan propaganda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astqolani, Aziz Hakimazizhakimastqolani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Keywords: Analisis Teks; Nilai Berita; Etika Media; Kriminalitas; Kompas TV
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Astqolani Aziz Hakim
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:52
Last Modified: 21 Feb 2017 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15410

Actions (login required)

View Item View Item