EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO (LAGU) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM SIDOWUNGU MENGANTI GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, Umi (2017) EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO (LAGU) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM SIDOWUNGU MENGANTI GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran audio (lagu) yaitu alat bantu dalam menyampaikan pesan atau bahan ajar kepada siswa secara audio yang biasanya terdapat musik yang mengiringinya sehingga dapat membangkitkan perasaan peserta didik.Dalam skripsi yang berjudul “Efektivitas Media Pembelajaran Audio (lagu) Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik” penulis menggunakan tiga rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana penerapan media pembelajaran audio (lagu) pada mata pelajaran Akidah akhlak kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik? 2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Akidah akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio (lagu)? 3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran audio (lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik?. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran audio (lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik. 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran audio (lagu). 3) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran audio (lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik Untuk memperoleh data tersebut penulis menggunakan metode observasi dan metode angket yang kemudian di analisis denganuji statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. dari hasil analisis tersebut diperolah to>tt pada taraf signifikansi 5%, sehingga dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan adanya efektivitas media pembelajaran audio (Lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik. Pada rumusan masalah 1, 2, dan 3 dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif, dari rumusan masalah 1 diperoleh jawaban bahwa pengunaan media audio (lagu) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak adalah baik. Dalam rumusan masalah ke-2 diperoleh jawaban bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media audio (lagu). Dan pada rumusan masalah ke-3 diperoleh jawaban bahwa adanya efektivitas media pembelajaran audio (Lagu) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Sidowungu Menganti Gresik. Oleh sebab itu untuk permasalahan di atas, disarankan agar untuk mencapai prestasi belajar siswa yang lebih baik, diperlukan suatu inovasi dalam cara mengajar yang bisa dibantu atau dilengkapi dengan media lain termasuk media audio (lagu).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, Umiumirohmawati98@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Media; Pembelajaran; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmawati Umi
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:17
Last Modified: 22 Feb 2017 04:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15447

Actions (login required)

View Item View Item