EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 13 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nuril (2017) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 13 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kunci untuk memajukan peradaban bangsa. Dalam pelaksanaannya saat ini pendidikan di Indonesia berpacu pada kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan itu yaitu adanya inovasi dalam proses pembelajaran diantaranya melalui inovasi model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran inovatif dalam mengembangkan pembelajaran yaitu model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition). Dan diantara tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran yaitu sejauh mana pemahaman peserta didik pada mata pelajaran tersebut. Dengan dasar itulah akhirnya muncul tiga rumusan masalah yaitu 1) bagaimana implementasi model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 13 Surabaya ? 2) bagaimana pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 13 Surabaya ? 3) bagaimana efektivitas implementasi model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 13 Surabaya?. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Surabaya dan sampelnya adalah siswa kelas VIII – I dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu (1) rumus prosentase untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 13 Surabaya dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI. (2) Rumus uji t berpasangan (paired sample t-test) untuk menganalisis efektivitas implementasi model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 13 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa kesimpulan yaitu (1) implementasi model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 13 Surabaya tergolong sangat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil prosentase angket sebesar 82,3 % yang tergolong sangat baik. (2) Diketahui terjadi peningkatan prosentase ketuntasan belajar dari 44,7 % menjadi 100%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta didik pada mata palajaran PAI. Hal ini juga dapat diketahui dengan rata-rata prosentase angket sebesar 82,1 % yang tergolong sangat baik. (3) Berdasarkan hasil analisis data dengan teknik analisis uji t sampel berpasangan (Pair sample t-test) diperoleh hasil t-hitung > t-tabel (7.187 > 2.026) dan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti H0 ditolak dan artinya ada perbedaan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI antara sebelum dan sesudah implementasi model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 13 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurilnewrealcam@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran; Auditory; Intellectualy; Repetition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayati Nuril
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:36
Last Modified: 24 Feb 2017 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15541

Actions (login required)

View Item View Item