Studi komparasi pelaksanaan metode at-tartil di TPQ Asy-Syafi’iyah Candi Sidoarjo dengan TPQ Ar-Roisiyah Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulia, Fridha (2017) Studi komparasi pelaksanaan metode at-tartil di TPQ Asy-Syafi’iyah Candi Sidoarjo dengan TPQ Ar-Roisiyah Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Al-Quran merupakan mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad saw sebagai pedoman hidup bagi umat manusia.Sebagai sumber utama ajaran Islam, Al-Quran sebagai bukti kebenaran Nabi Muhammad saw sekaligus petunjuk untuk umat manusia kapan dan dimanapun.Pada perkembangan dan kemajuan dalam bidang pendidikan, adanya tantangan zaman serta kebutuhan masyarakat untuk belajar Al-Qur’an memunculkan metode praktis dalam belajar membaca Al-Qur’an. Dengan adanya perkembangan dan kemajuan dalam bidang pendidikan serta kebutuhan masyarakat untuk belajar al-qur’an maka memunculkan metode praktis dalam belajar al-Qur’an misalnya metode At-Tartil di TPQ Asy-syafi’iyah Candi Sidoarjo dan di TPQ Ar-Roisiyah Gedangan Sidoarjo.Berdasarkan adanya kesamaan metode at-tartil, dan kedua lembaga TPQ ini adalah pendiri At-tartil, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam persamaan dan perbedaan pelaksanaan diantara keduanya. Apakah dengan persamaan metode yang dipakai namun pelaksanaan nya bisa berbeda dan hasil yang dicetak para santrinya akan dikomparasikan peneliti, apakah ada inovasi-inovasi yang berbeda disetiap lembaga walaupun metodenya terdapat persamaan.Dari permasalahan di atas dapat dirumuskan sebagai berikut (1) Bagaimana pelaksanaan metode At-Tartil di TPQ Asy-Syafi’iyah Candi Sidoarjo (2) Bagaimana pelaksanaan metode At-Tartil di TPQ Ar-Roisiyah Gedangan Sidoarjo, dan (3) Adakah perbedaan pelaksanaan metode At-Tartil di TPQ Asy-Syafi’iyah Candi Sidoarjo dengan TPQ Ar-Roisiyah Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang di ambil adalah meliputi literatur, sumber data lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian ini disampaikan pertama, bentuk penyajian hasil komparasi pelaksanaan metode At-Tartil meliputi, (1) Tujuan Pembelajaran (2) Materi pembelajaran (3) waktu belajar mengajar dan (4) Proses Pelaksanaan Pmembelajaran meliputi persiapan mengajar, sistem pengelolaan kelas serta langkah-langkah pembelajaran metode At-tartil.Hasil penelitian ini disarankan untuk (1) membuka wawasan walaupun penerapan metode membaca Al-Qur’an nya sama namun berbagai inovasi dan kreasi yang diciptakan setiap lembaga bisa berbeda. (2) sebagai gambaran proses pembelajaran al-Qur’an kepada anak-anak yang telah berhasil dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulia, Fridhanengpridku@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Subjects: Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulia Fridha
Date Deposited: 01 Mar 2017 03:30
Last Modified: 27 Jan 2020 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15603

Actions (login required)

View Item View Item