Manajemen program literasi dalam praktik pembudayaan membaca di MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aimmah, Diannatul (2017) Manajemen program literasi dalam praktik pembudayaan membaca di MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah Bagaimana manajemen program literasi di MTs. Nurul Huda Sedati, Sidoarjo? melalui 4 aspek manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa narasi transkrip yang dihasilkan melalui wawancara dan dokumentasi melalui 3 tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam program literasi dilakukan oleh penyelenggara adalah menentukan tujuan, membuat rencana jangka pendek yaitu dalam kurun waktu 1 tahun dan rencana jangka panjang sebagai tujuan utama dari program literasi dipergunakan agar efektif dan efisien. Pengorganisasian dalam program literasi ini menetapkan struktur organisasi, merumuskan tugas serta menetapkan standar operasional prosedur serta menunjukkan garis kewenangan dan tanggung jawab sesuai dengan posisi. Pelaksanaan program literasi yaitu melaksanakan kegiatan-kegiatan pada tahapan pembudayaan membaca yaitu tahap pembiasaan yang berisi cara madrasah membiasakan warga madrasah untuk membaca dan membangun lingkungan yang literat. Pelaksanaan tahap pengembangan yaitu dengan mengembangankan pembudayaan membaca melalui menulis ringkasan isi buku pada buku diary membaca. Dan tahap terakhir yaitu pembelajaran yaitu memberikan sumbangsi pada pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013. Proses evaluasi dilakukan untuk memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan dilaksanakan berjalan sesuai dengan harapan dan tujuan program dengan mendayagunakan wali kelas untuk evaluator minat baca peserta didik.

Kata Kunci: Manajemen, Program Literasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aimmah, Diannatuldynatoel@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen; Program Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aimmah Diannatul
Date Deposited: 27 Feb 2017 04:26
Last Modified: 13 Jun 2017 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15632

Actions (login required)

View Item View Item