Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 di SMP Negeri 6 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustaqimah, Siti (2017) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 di SMP Negeri 6 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftra Isi.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pengelolaan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 6 Surabaya berbasis sistem manajemen mutu ISO 9001:2000, hambatan dalam pengelolaan perpustakaan sekolah, dan cara mengatasi hambatan pengelolaan perpustakaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Informan dalam kunci ini adalah Petugas Perpustakaan, sedangkan informan pendukung adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang Sarana dan Prasarana, serta Koordinator Perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan trigulasi sumber dan trigulasi metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah dalam aspek perencanaan meliputi perencanaan koleksi bahan pustaka, perencanaan pengadaan sarana dan prasarana, dan perencanaan pelayanan perpustakaan. Pengelolaan perpustakaan dibidang pengorganisasian belum dilakukan dengan tugas pekerjaan masing-masing. Pengelolaan perpustakaan SMP Negeri 6 Surabaya dalam bidang pelaksanaan juga masih terkendala ruangan dan fasilitas lain yang belum mendukung. Sedangkan pengelolaan perpustakaan dalam bidang pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah masih kurang optimal dikarenakan banyaknya tanggung jawab Kepala Sekolah, sehingga pengelolaan perpustakaan diserahkan kepada petugas perpustakaan. Pengimplementasian sistem manajemen mutu ISO 9001:200 dalam pengelolaan perpustakaan di SMP Negeri 6 Surabaya berpedoman pada pedoman mutu bab 7 klausal 7.5.1 tentang Realisasi Produk. Pedoman mutu tersebut menguraikan pengendalian produksi dan pelayanan di sekolah. Salah satu pelayanan di sekolah adalah pengelolaan perpustakaan. Hambatan-hambatan yang timbul dalam pengelolaan perpustakaan antara lain: belum terbiasa dengan perilaku ISO, kurangnya antusisas siswa dalam mengunjungi perpustakaan sekolah, keterbatasan dana operasional untuk perpustakaan sekolah, dan keterbatasan ruangan perpustakaan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang timbul dalam pengelolaan perpustakaan sekolah adalah mengadakan koordinasi dan rapat bersama beberapa unit untuk mensosialisasikan sistem manajemen mutu ISO, bekerja sama dengan para guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di perpustakaan, memaksimalkan rencana anggaran untuk perpustakaan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustaqimah, Sitismustaqimah22@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Perpustakaan
Keywords: Pengelolaan; Perpustakaan Sekolah; ISO 9001:2000
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mustaqimah Siti
Date Deposited: 27 Feb 2017 07:57
Last Modified: 13 May 2019 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15679

Actions (login required)

View Item View Item