Peningkatan pemahaman penggolongan makhluk hidup pelajaran IPA melalui media Mind Mapping pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Mergobener Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alimah, Fita (2017) Peningkatan pemahaman penggolongan makhluk hidup pelajaran IPA melalui media Mind Mapping pada siswa kelas III MI Miftahul Ulum Mergobener Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fita Alimah D77213067 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA materi penggolongan makhluk hidup di kelas III MI Miftahul Ulum Mergobener. Dari 13 siswa hanya 40 % siswa yang mencapai ketuntasan. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, peneliti menggunakan media Mind Mapping. Media ini bertujuan agar siswa mudah memahami isi materi penggolongan makhluk hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan media Mind Mapping. 2) mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan media Mind Mapping. 3) mengetahui penerapan media mind mapping dalam meningkatkan pemahaman penggolongan makhluk hidup pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Subyek penelitian ini terdiri dari 13 siswa kelas III MI Miftahul Ulum Mergobener. Tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media Mind Mapping pada mata pelajaran IPA dilakukan dua siklus. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I 76, 56 (cukup) dan meningkat pada siklus II 83,65 (baik). Sedangkat hasil observasi siswa pada siklus I 27 (baik) dan meningkat pada siklus II 28 (baik). 2) peningkatan pemahaman siswa melalui media mind mapping mampu meningkatkan pemahaman siswa. Pada siklus I rata – rata kelas 73,84 dan siklus II meningkat menjadi 86, 15. Peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh prosentase 69,23 meningkat pada siklus II menjadi 92,30.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alimah, Fitafita.alimah95@gmail.comD77213067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiyah, Evi Fatimaturevifatimatur@uinsby.ac.id2027127301
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Keywords: Peningkatan pemahaman; media Mind Mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alimah Fita
Date Deposited: 27 Feb 2017 07:32
Last Modified: 22 Dec 2023 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15682

Actions (login required)

View Item View Item