IMPLEMENTASI PAKEM PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN SIWALANPANJI BUDURAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Noviandini Utami (2017) IMPLEMENTASI PAKEM PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN SIWALANPANJI BUDURAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila guru mampu menentukan metode yang tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik siswa. Untuk itu guru harus mampu mendesain pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif serta Menyenangkan (PAKEM). Dalam pembelajaran model ini terdapat ikatan yang kuat antara guru dan siswa dalam suasana yang menyenangkan dan tidak ada tekanan baik fisik maupun psikologis. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui gambaran bagaimana SDN Siwalanpanji mengimplementasikan PAKEM pada mata pelajaran PAI serta kendala yang dihadapi dan alternatif pemecahannya. Jenis penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif yaitu data yang diperoleh digambarkan kemudian dianalisis tanpa mempersoalkan hubungan antar variable dan mengumpulkan data yang berasal dari dokumentasi, wawancara dan observasi dan literaturnya yang berhubungan dengan materi-materi penelitian. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PAKEM di SDN Siwalanpanji Buduran Sidoarjo khususnya pada mata pelajaran PAI dapat dikategorikan baik. Kendala yang dihadapi dalam implementasi PAKEM adalah pertama dari segi waktu, kedua dari segi guru dan yang ketiga dari segi sarana dan prasarana. Dari kendala-kendala tersebut dapat diminimalisir (solusi yang mengatasi) kendala tersebut yaitu dengan menambah waktu pemeblajaran PAI 35 menit dalam satu minggunya, dengan mengadakan musyawarah guru dan pelatihan-pelatihanguru serta melibatkan peran serta massyarakat. Untuk itu penulis menyarankan kepada guru PAI untuk selalu mempertahankan dalam pelaksanaan PAKEM dan selalu mencari informasi terus tentang PAKEM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Noviandini Utaminoviandiniputri26@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Novi Andini Utami
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:03
Last Modified: 28 Feb 2017 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15735

Actions (login required)

View Item View Item