PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V MI NURUL ISLAM SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifudin, Muchamad Nanang (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V MI NURUL ISLAM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan dari dokumentasi nilai hasil belajar siswa kelas V, diperoleh data sebanyak 42,1% dari jumlah 19 siswa mencapai KKM yang ditentukan yakni 70. Menurut fakta di lapangan yang menjelaskan bahwa kurang inovatifnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kegiatan belajar serta kurangnya sebuah media pendukung atau alat peraga sehingga berdampak kepada pemahaman siswa. Fokus masalah yang diteliti adalah: bagaimana penerapan dan peningkatan pemahaman materi mempertahankan keutuhan NKRI dengan menggunakan metode Mind Mapping pada mata pelajaran PKn kelas V MI Nurul Islam Sidoarjo? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan metode Mind Mappingdalam materi mempertahankan keutuhan NKRI pada mata pelajaran PKn Kelas V di MI Nurul Islam Sidoarjo. 2) Untuk peningkatan pemahaman siswa materi mempertahankan keutuhan NKRI melalui metode Mind Mapping pada mata pelajaran PKn Kelas V di MI Nurul Islam Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 19 siswa dan tempat penelitian di MI Nurul Islam Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap. Pada setiap siklus terdiri dari pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes, dengan memperhatikan 10 butir soal dan teknik penilaiannya adalah jawaban singkat atau uraian singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan pemahaman materi mempertahankan keutuhan NKRI pada mata pelajaran PKn Kelas V di MI Nurul Islam Sidoarjo dapat dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yakni dari observasi guru mendapat skor peningkatan dari 65,62 menjadi 85,22. Kemudian skor aktivitas siswa dari perolehan 56,94 menjadi 93. Selain itu peningkatan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dan dapat dikategorikan berhasil. Hal ini dibuktikan dari tahap pra siklus, siklus I maupun siklus II, yakni dari 64,73 menjadi 68,42 kemudian menjadi 86,84 dengan persentase masing-masing 42,1%, 63,15% dan 89,47%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifudin, Muchamad Nanangnanangsaifudin33@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Pemahaman; Metode Mind Mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saifudin Muchamad Nanang
Date Deposited: 01 Mar 2017 06:39
Last Modified: 01 Mar 2017 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15776

Actions (login required)

View Item View Item