SOSIALISASI NORMA AGAMA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA AL-CHUSNAINI PEKARUNGAN KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilaina, Inna (2017) SOSIALISASI NORMA AGAMA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA AL-CHUSNAINI PEKARUNGAN KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Masalah yang di teliti dalam skripsi ini yakni mengenai. Bagaimana proses sosialisasi norma agama pada anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Al-Chusnaini Sukodono?, Apa kendala dalam proses sosialisasi norma agama pada anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Al-Chusnaini Sukodono ? dan Bagaimana cara untuk mengatasi masalah dalam melakukan sosialisasi norma agama pada anak Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Al-Chusnaini Sukodono ?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan kendala dalam sosialisasi norma agama pada anak tunagrahita. Peneliti mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data model Miles dan Huberman yakni mereduksi data, penyajian data bersifat naratif, terakhir penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Untuk mengecek kebenaran data tersebut, peneliti akan membandingkan data hasil pengamatan di sekolah dengan data hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru dan orang tua. Untuk analisis data peneliti menggunakan teori tindakan sosial dari Max Weber. Di mana judul penelitian dapat dijelaskan dengan teori tersebut.Hasil penelitian bahwa proses dalam mensosialisasikan Norma Agama pada anak tunagrahita dilakukan oleh beberapa guru dan orang tua anak didik di Sekolah Dasar Luar Biasa Al-Chusnaini Pekarungan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Sebagai berikut : a). Memberikan teladan yang baik, b). Melalui penjelasan secara langsung dan praktek, c). Melalui Media Gambar, c). Metode Drill atau pengulangan. kendala dan proses penyelesaian diantaranya : a) dari segi lingkungan yang tidak mendukung, solusinya adalah adanya komunikasi guru dan orang tua, b) anak yang mudah lupa dan malas, solusinya guru harus bersikap kreatif, c) sarana yang kurang memadai dapat di selesaikan dengan cara mencari bahan di internet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilaina, Innainnailaina88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Proses sosialisasi; Norma Agama; Anak Tunagrahita
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ilaina Inna
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:44
Last Modified: 02 Mar 2017 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15811

Actions (login required)

View Item View Item