Pengaruh customer shariah relationship marketing terhadap nilai nasabah dan keunggulan produk dalam meningkatkan kesejahteraan dan loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Ponpes Attanwir Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mundhori, Mundhori (2016) Pengaruh customer shariah relationship marketing terhadap nilai nasabah dan keunggulan produk dalam meningkatkan kesejahteraan dan loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Ponpes Attanwir Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mundhori_F04214054 ok.pdf

Download (18MB)

Abstract

Salah satu hal utama dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan loyalitas nasabah adalah dengan cara peningkatan customer shariah relationship marketing sehingga nilai nasabah dan keunggulan produk meningkat sehingga hubungan dengan nasabah berjalan dengan baik. Saat ini, relationship marketing telah menjadi topik utama dan trend perbincangan dalam aktivitas bisnis. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh customer shariah relationship marketing, nilai nasabah dan keunggulan produk terhadap kesejahteraan nasabah dan dampaknya kepada peningkatan loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari 100 responden dengan menggunakan teknik probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Ponpes Attanwir, sejumlah 100 orang. Teknik pengujian model penelitian ini menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modelling) dan model path diagram untuk mempermudah mengukur hubungan kausalitas antar variabel dan indikator dengan menggunakan software SPSS 19 dan Amos V21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer shariah relationship marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai nasabah dan keunggulan produk, dengan meningkatnya nilai nasabah dan keunggulan produk maka kesejahteraan dan loyalitas nasabah juga ikut meningkat. faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya kesejahteraan dan loyalitas nasabah. Dengan demikian, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa customer shariah relationship marketing, nilai nasabah, dan keunggulan produk merupakan variabel penting yang mempengaruhi kesejahteraan dan loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Kas Ponpes Attanwir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mundhori, Mundhoriachmadmundhori@gmail.comF04214054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmah--197507032007012020
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Customer shariah relationship marketing; nilai nasabah; keunggulan produk; kesejahteraan nasabah; loyalitas nasabah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mundhori Mundhori
Date Deposited: 20 Apr 2017 01:54
Last Modified: 15 Nov 2023 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16003

Actions (login required)

View Item View Item