Profil berpikir metaforis (metaphorical thinking) dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar VAK (visual, auditori, kinestetik) pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriyatussholihah, Badriyatussholihah (2017) Profil berpikir metaforis (metaphorical thinking) dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar VAK (visual, auditori, kinestetik) pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Berpikir metaforis adalah suatu aktivitas mental yang dilakukan siswa yang didasari dengan pengetahuan awal yang dimilikinya guna memahami, menjelaskan dan menalar konsep-konsep (permasalahan) dalam matematika khususnya aljabar menjadi lebih konkret dengan membandingkan dua hal atau lebih yang berbeda makna baik yang berhubungan maupun yang tidak berhubungan. Berpikir metaforis dapat dipengaruhi oleh gaya belajar ataupun kemampuan siswa itu sendiri dalam memahami suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir metaforis dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari gaya belajar VAK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya belajar visual, 2 siswa bergaya belajar auditori, dan 2 siswa bergaya belajar kinestetik di kelas VII SMPN 3 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator pada tahap-tahap berpikir metaforis yang digambarkan dengan CREATE (Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform, dan Experience). Hasil penelitian menujukkan bahwa subjek bergaya belajar visual pada tahap connect mampu membuat perumpamaan metafora dari permasalahan yang diberikan ke dalam bentuk timbangan, tahap relate mampu menjelaskan hubungan konsep yang digunakan dengan permasalahan yang diberikan meskipun tidak sempurna. Tahap explore mampu membuat model matematika dari permasalahan. Tahap analyze dapat menyebutkan kesesuaian antara perumpamaan dengan permasalahan. Tahap transform mampu menunjukkan jawaban permasalahan dari aljabar secara tepat, dan tahap experience mampu menentukan permasalahan baru dari soal tes. Hasil penelitian pada subjek bergaya belajar auditori pada tahap connect mampu membuat perumpamaan berupa timbangan dengan variatif, tahap relate mampu menjelaskan hubungan konsep yang digunakan dengan permasalahan namun tidak rinci. Tahap explore mampu membuat model matematika dengan tepat. Tahap analyze mampu mendeskripsikan kesesuaian yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan aljabar, tahap transform proses operasionalisasi siswa dalam model metematika terhadap permasalahan aljabar tepat hingga menafsirkan hasil akhir dari permasalahan aljabar yang diberikan. Tahap experience dalam membuat permasalahan baru cenderung sama dengan soal yang diberikan sebelumnya. Hasil penelitian pada subjek yang bergaya belajar kinestetik pada tahap connect mampu membuat perumpamaan metafora berupa timbangan, tahap relate mampu menjelaskan hubungan antara konsep matematika yang digunakan dengan permasalahan aljabar yang diberikan namun kurang detail. Tahap explore mampu membuat model matematika dari permasalahan yang disajikan, tahap analyze dapat menunjukkan kesesuaian antara perumpamaan timbangan dengan permasalahan. Tahap transform mampu menafsirkan hasil akhir dari penyelesaian permasalahan dan pada tahap experience dalam membuat permasalahan baru subjek masih sama dengan permasalahan dalam soal tes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriyatussholihah, Badriyatussholihahbadriyahsweety1206@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Berpikir metaforis; VAK; Visual; Auditori; Kinestetik; CREATE; Connect; Relate; Explore; Analyze; Transfrom; Experience
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Badriyatussholihah Badriyatussholihah
Date Deposited: 21 Apr 2017 07:51
Last Modified: 21 Apr 2017 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16145

Actions (login required)

View Item View Item