Analisis penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan dibedakan berdasarkan gaya Kognitif Sistematis-Intuitif Kelas VIIIC di SMP Negeri 8 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Fitriyah (2017) Analisis penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan dibedakan berdasarkan gaya Kognitif Sistematis-Intuitif Kelas VIIIC di SMP Negeri 8 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penalaran proporsional merupakan suatu penalaran yang memuat hubungan multiplikatif dan digunakan untuk menentukan suatu nilai dengan membandingkan dua kuantitas atau lebih dalam menyelesaikan masalah. Dalam menyelesaikan masalah, seseorang akan melewati beberapa tahapan salah satunya penyelesaian masalah yang dikemukakan oleh Polya. Terdapat 4 tahapan penyelesaian masalah menurut Polya, yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, melihat kembali penyelesaian. Setiap siswa memiliki gaya kognitif yang berbeda-beda. Perbedaan gaya kognitif ini mempengaruhi proses bernalar siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan dibedakan berdasarkan gaya kognitif sistematis dan intuitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya kognitif sistematis dan 2 siswa bergaya kognitif intuitif yang dipilih berdasarkan tes CSI. Kemudian keempat siswa tersebut diberi tes penalaran proporsional dan setelah itu dilakukan wawancara. Tes tertulis dan wawancara tersebut dianalisis berdasarkan indikator penalaran proporsional dalam menyelesaikan masalah berdasarkan tahapan Polya. Pada tahap memahami masalah, indikator yang diungkapkan adalah memahami kovariasi. Pada tahap merencanakan penyelesaian, indikator yang diungkapkan adalah berpikir relatif. Pada tahap melakukan rencana penyelesaian dan tahap melihat kembali penyelesaian, indikator yang diungkapkan adalah mengetahui alasan penggunaan ide proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan. Berkaitan dengan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah deskripsi penalaran proporsional siswa bergaya kognitif sistematis dalam menyelesaikan masalah cenderung menggunakan langkah-langkah penyelesaian yang berurutan. Sedangkan siswa bergaya kognitif intuitif cenderung menggunakan langkah-langkah penyelesaian yang kurang berurutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Fitriyahanandafitria14@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran Proporsional; Menyelesaikan Masalah; Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitriyah Fitriyah
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:11
Last Modified: 27 Apr 2017 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16147

Actions (login required)

View Item View Item