Pengembangan media Football aljabar pada pembelajaran matematika materi aljabar di SMP Al-Azhar Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Ely Sahillah (2017) Pengembangan media Football aljabar pada pembelajaran matematika materi aljabar di SMP Al-Azhar Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Aspek pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam mempersiapkan generasi bangsa. Mengingat sulitnya siswa untuk memahami dan menangkap materi pembelajaran, guru diminta kreatif dalam menyampaikan materi sehingga siswa tertarik dan termotivasi, berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Materi aljabar ialah salah satu materi pokok yang diajarkan di kelas VII, pembelajaran dihadapkan pada simbol yang abstrak yaitu variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media football aljabar yang valid, praktis, dan efektif guna memantapkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, Pengembangan yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode R&D yang terdiri dari sepuluh tahapan pengembangan, namun peneliti ini hanya dilakukan sampai pada uji coba produk. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas VII Intensif B di SMP Al-Azhar Menganti tahun ajaran 2016/2017. Data yang diperoleh selama penelitian berupa keterlaksanaan sintaks pembelajaran, respon siswa, aktivitas siswa, serta nilai tes matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, soal tes matematika, dan angket respon siswa. Hasil analisis data penelitian diperoleh data kevalidan media football aljabar dengan rata-rata total validitas sebesar 3,7. Media football aljabar memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase rata-rata keterlaksanaan sintaks sebesar 100%; respon positif siswa sebesar 94,16; dan persentase aktivitas siswa yang mendukung KBM lebih besar dibandingkan siswa yang tidak mendukung KBM. Tes matematika siswa yang mencapai skor diatas KKM diperoleh persentase sebesar 90%. Media football aljabar memenuhi kriteria praktis karena seluruh indikator dalam keefektifan terpenuhi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Ely Sahillahelyfikriyah82@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fikriyah Ely Sahillah
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:54
Last Modified: 25 Apr 2017 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

View Item View Item