Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa kelas xii SMK Bhakti Indonesia Medika di pondok pesantren Mamba'ul Ulum

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fatimatuz (2017) Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa kelas xii SMK Bhakti Indonesia Medika di pondok pesantren Mamba'ul Ulum. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang seberapa besarnya pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan yang notabenenya adalah sebuah sekolah umum yang berada di dalam lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini dilatar belakangi karena Pendidikan Agama Islam sebagai mata pelajaran di sekolah umum mempunyai peran penting dalam menanamkan rasa taqwa kepada Allah SWT yang pada akhirnya dapat menimbulkan rasa keagamaan yang kuat dan melahirkan perbuatan yang baik sesuai dengan ajaran agama yang diyakininya. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Bhakti Indonesia Medika Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum, bagaimana perilaku keagamaan siswa kelas XII di SMK Bhakti Indonesia Medika Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum, dan apakah ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa kelas XII SMK Bhakti Indonesia Medika Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Bhakti Indonesia Medika Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum, untuk mengetahui perilaku keagamaan siswa kelas XII di SMK Bhakti Indonesia Medika Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa kelas XII SMK Bhakti Indonesia Medika Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan perhitungan angket data pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Bhakti Indonesia Medika Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum adalah cukup baik, dengan dibuktikan dari rata-rata data angket 26,18. Perilaku keagamaan siswa kelas XII SMK Bhakti Indonesia Medika Pondok Pesantren Mamba'ul Ulum juga cukup baik, hal ini dibuktikan dari rata-rata data angket yaitu 25,43. Berdasarkan perhitungan SPSS regresi linier sederhana terdapat 58,1% variable perilaku keagamaan dipengaruhi oleh variable pembelajaran PAI dan sisanya 41,9% dipengaruhi oleh variable lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Fatimatuzfatimatuzzahroh24@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahroh Fatimatuz
Date Deposited: 26 Apr 2017 04:24
Last Modified: 26 Apr 2017 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16193

Actions (login required)

View Item View Item