Studi komparatif prestasi belajar PAI prespektif latar belakang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Iftakhul (2017) Studi komparatif prestasi belajar PAI prespektif latar belakang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana prestasi belajar pendidikan agama islam antara siswa yang berlatar belakang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri dan apakah ada perbandingan yang signifikan antara keduanya yang dapat mempengaruhi masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedua hal tersebut dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian (Field Research) melalui pendekatan kuantitatif dengan metode studi komparatif. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil yang berjumlah 352 orang. Sampel yang diambil 20 orang siswa, 10 orang dari sekolah menengah pertama negeri dan 10 orang dari madrasah tsanawiyah negeri. Teknik yang digunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan editing, koding, menghitung frekuensi dan tabulating serta interpretasi data kemudian dianalisis menggunakan statistik dengan rumus Student test. Penelitian ini diperoleh nilai rata-rata (mean) untuk siswa kelas X yang berlatar belakang dari SMP 786,75 : 10 = 78,6 dan rata-rata (mean) siswa yang berlatar belakang MTs 724,5 : 10 = 72.4. Adapun Standar Eror Mean Diviasi variabel X adalah 245,32 dan Standar Eror Mean Deviasi variabel Y adalah 67,97. Adapun hasil perhitungan antara Standar error deviasi antara variabel X dan variabel Y adalah 1,86. Sehingga diperoleh hasil hitungan to adalah 3,3, setelah diperolehnya harga “t” test, kemudian penulis berikan interpretasi terhadap harga “t” test tersebut. Untuk memberikan interpretasi terhadap harga “t” tes tersebut lebih dahulu menghitung derajat bebasnya (db). Sehingga diperoleh: harga kritik paa taraf signifikansi 5% = 2,10 dan taraf signifikansi 1% = 2,88. Dengan demikian harga “t” tes yang diperoleh jauh lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yaitu 2,10 < 3,3 > 2,88. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikansi prestasi belajar siswa yang berlatar belakang Sekolah Menengah Pertama dan siswa yang berlatar belakang Madrasah Tsanawiyah dalam prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, diterima. Dan hipotesis nihil yang menyatakan tidak terdapat perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang berlatar belakang Sekolah Menengah Pertama dan siswa yang berlatar belakang Madrasah Tsanawiyah, ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Iftakhulkarimahiftakhul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Karimah Iftakhul
Date Deposited: 26 Apr 2017 06:30
Last Modified: 26 Apr 2017 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16207

Actions (login required)

View Item View Item