Implementasi pendidikan Islam berbasis masyarakat dan life skill di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya: studi atas konsep pemikiran Abuddin Nata

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Fitria Isni (2017) Implementasi pendidikan Islam berbasis masyarakat dan life skill di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya: studi atas konsep pemikiran Abuddin Nata. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Fitria Isni Amalia, 2017. Implementasi Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat dan Life Skill di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya (Studi atas Konsep Pemikiran Abuddin Nata). Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pengaruh perkembangan masyarakat terhadap pendidikan, terlihat pada peran masyarakat dalam ikut serta merumuskan visi, misi, tujuan, kurikulum, proses belajar mengajar, pengelolaan, pengadaan sarana prasarana, dan pendanaan. Dan untuk mewujudkan keadaan yang demikian, maka diperlukan adanya pendidikan yang berbasis masyarakat yaitu pendidikan yang menjadikan masyarakat bukan hanya sebagai objek tetapi sebagai subjek pendidikan. Pendidikan yang baik haruslah dapat memberikan tuntutan akademik berupa penguasaan siswa terhadap kompetensi, kemampuan dasar, materi pelajaran tertentu atau dari berbagai macam ilmu pengetahuan yang mutakhir juga dapat mengembangkan keterampilan atau kecakapan hidup (life skill) siswa secara implisit yang diperoleh melalui pengalaman belajar. Dari permasalahan di atas dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat dan Pendidikan Life Skill menurut perspektif Abuddin Nata ? 2) Bagaimana Implementasi konsep Abuddin Nata tentang Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat dan Pendidikan Life Skill di MAN SURABAYA? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sumber data yang di ambil adalah meliputi literatur, sumber data lapangan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini disampaikan Pertama, Implementasi Konsep Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat di MAN Surabaya yakni dari berbagai program pendidikan islam yang bersifat sosial melalui kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler dengan melibatkan adanya dukungan dan partisipasi dalam setiap pengelolaan pendidikan dari masyarakat yang peduli demi kemajuan madrasah dan untuk kepentingan bersama. Kedua, Implementasi Konsep Pendidikan Life Skill di MAN Surabaya mencakup komponen Personal Skill, General Skill, dan Academic Skill yang diinternalisasikan dalam setiap mata pelajaran serta melalui pendidikan vokasional dengan memperhatikan sumber daya yang ada di Madrasah juga kebutuhan yang berkembang di masyarakat dan adanya kerjasama yang telah dibangun oleh Madrasah dengan orangtua / wali murid. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi Pihak Madrasah agar semakin memprioritaskan Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat dengan cara meningkatkan serta mengembangkan potensi baik aspek spiritual maupun kemampuan atau keterampilan yang dimiliki peserta didik lebih baik lagi dan secara maksimal demi kepentingan bersama

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Fitria Isnifitri.isni12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Fitria Isni
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:58
Last Modified: 26 Apr 2017 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16211

Actions (login required)

View Item View Item