Efektivitas strategi pembelajaran Critical Incident dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 01 Plumpang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kartikasari, Nofi Dwi (2017) Efektivitas strategi pembelajaran Critical Incident dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 01 Plumpang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Nofi Dwi Kartikasari, 2017. Efektivitas Strategi Pembelajaran Critical Incident Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 01 Plumpang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan disetiap lembaga pendidikan Islam yang memiliki konstribusi dalam memberikan pengetahuan kepada siswa untuk memehami materi yang di sampaikan. Adapun strategi yang cocok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah critical incident dimana dalam hal ini ada hubungannya dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran critical incident dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 01 Plumpang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif explanantif. Disini yang menjadi variabel bebas (independent) strategi pembelajaran critical incident dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 01 Plumpang sebagai variabel terikat (dependent). Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik probability sampling menggunakan metode sampling acak sederhana (simple random sampling) dengan menyebarkan angket yang berjumlah 12 soal tentang strategi pembelajaran critical incident dan 15 soal tentang motivasi belajar pada mata pelajaran PAI yang diberikan kepada 40 siswa di kelas VIII. Adapun teknik yang digunakan pengumpulan data adalah teknik observasi, angket dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan tabel interpretasi nilai r Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan strategi pembelajaran critical incident pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 01 Plumpang tergolong dalam kategori cukup baik yaitu 31,08% yang berada pada interval 25% - 49%. (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 01 Plumpang dalam kategori cukup baik yaitu berada pada interval nilai 25% - 49% dengan rata-rata 31,08%. (3) hasil dari penghitungan menggunakan product moment menunjukkan bahwa nilai r XY hitung sebesar 0,399 dengan taraf kepercayaan 0,05 (5%), maka dapat diperoleh harga r tabel sebesar 0,312. Ternyata harga r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,399 > 0,312). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat efektivitas strategi pembelajaran critical incident dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 01 Plumpang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kartikasari, Nofi Dwinofidwikartikasari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Motivasi belajar; strategi pembelajaran; PAI; materi pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kartikasari Nofi Dwi
Date Deposited: 27 Apr 2017 02:14
Last Modified: 27 Apr 2017 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16224

Actions (login required)

View Item View Item