Peningkatan kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi The Power Of Two pada siswa Kelas IV Di MI Ihyaul Islam Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hurmah, Minhajatul (2017) Peningkatan kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi The Power Of Two pada siswa Kelas IV Di MI Ihyaul Islam Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah adanya masalah yag dialami oleh siswa kelas IV MI Ihyaul Islam Ujungpangkah Gresik dalam pelajaran Bahasa Indonesia yakni pada kemampuan menemukan ide pokok paragraf. Data yang didapatkan menunjukan dari 32 siswa, hanya ada 13 siswa yang memenuhi nilai kkm 75. Dan 19 siswa yang lain mendapatkan nilai dibawah KKM. sehingga peneliti ingin memberikan solusi atas permasalahan ini, melalui strategi The Power Of Two. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana peningkatan kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi The Power Of Two pada siswa kelas IV di Mi Ihyaul Islam Ujungpangkah Gresik? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi The Power Of Two pada siswa kelas IV di Mi ihyaul Islam Ujungpangkah Gresik. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model kurt lewin. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ihyaul Islam Ujungpangkah Gresik yang terdiri dari 32 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan strategi The Power Of Two. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis, wawancara dan observasi. Analisis datanya menggunakan statistik sederhana dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menemukan ide pokok paragraf mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI Ihyaul Islam Ujungpangkah Gresik meningkat yakni, sebelum diterapkan strategi The Power Of Two dapat dinyatakan gagal. Dari 32 siswa, hanya 12 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dan 19 siswa lainya dibawah KKM. Kemudian setelah Strategi The Power Of Two diterapkan dengan baik, Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 24 siswa dengan presentase 75% di siklus I dan menjadi 28 siswa tuntas dengan presentase 87,5% di siklus II. pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 74,68 dan meningkat menjadi 81,25 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hurmah, Minhajatulmitaminhajatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Ide pokok paragraf; Bahasa Indonesia; strategi pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hurmah Minhajatul
Date Deposited: 27 Apr 2017 06:20
Last Modified: 21 Aug 2017 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item