Peningkatan keterampilan menulis melalui model pembelajaran Picture and Picture siswa kelas III SDN Ngaban Tanggulangin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufita,, Rizka (2017) Peningkatan keterampilan menulis melalui model pembelajaran Picture and Picture siswa kelas III SDN Ngaban Tanggulangin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini terletak pada kemampuan menulis siswa yang rendah. Mereka sering lupa menggunakan ejaan yang benar. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN Ngaban Tanggulangin menunjukkan kegiatan pembelajaran yang belum maksimal. Adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Ngaban Tanggulangin?; 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana setelah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Ngaban Tanggulangin? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Ngaban Tanggulangin; 2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana setelah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Ngaban Tanggulangin. Model PTK dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kurt lewin. Dalam satu siklus terdapat empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, non tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran Picture and Picture sudah baik. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai akhir 62,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 80. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai akhir 52,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 77,5; 2) Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I prosentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 50% dengan nilai rata-rata kelas 68,1 dan pada siklus II prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,5% dengan nilai rata-rata 79,1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufita,, Rizkarizkamufita95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Keterampilan menulis; Pembelajaran bahasa Indonesia; Model pembelajaran Picture and Picture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufita Rizka
Date Deposited: 28 Apr 2017 06:44
Last Modified: 28 Apr 2017 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16370

Actions (login required)

View Item View Item