Studi komparasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 antara anak yang mukim dan non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Ainun (2017) Studi komparasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 antara anak yang mukim dan non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah yang sangat penting untuk memajukan bangsa. Namun tidak imbang jika pendidikan di indonesia tidak di sertai dengan pendidikan agama di dalamnya. Saat ini banyak sekali lembaga pendidikan yang berbasic agama seperti pondok pesantren. Pondok pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan yang mengajarkan ilmu agama islam yang sangat mendalam. Hal itu dapat mendukung hasil belajar peserta didik terutama pelajaran aqidah akhlak karena dengan akhlak kita bisa mencerminkan perilaku kita baik atau buruk. Peserta didik langsung di asuh oleh pengasuh pondok dan mukim dipesantren. Dan banyak juga peserta didik yang belajar dan non mukim di pesantren. Oleh karena itu penulis meneliti tentang perbandingan hasil belajr aqidah akhlak antara anak yang mukim dan non mukim di pesantren Darul Ulum. Tujuan utama penelitain ini adalah 1). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 yang mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 yang non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum. 3). Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 antara peserta didik yang mukim dan non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diambil meliputi literatur buku. Teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini Pertama Hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 yang mukim di pesantren Darul Ulum termasuk kategori baik dengan pencapaian nilai rata-rata tertinggi 91,5 dan nilai rata-rata terrendah 77,5. Kedua Hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 yang non mukim di pesantren Darul Ulum termasuk kategori kurang baik/cukup dengan pencapain nilai rata-rata tertinggi 88,6 dan nilai rata-rata terrendah 72,9. Ketiga Perbandingan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTsN Rejoso Peterongan 1 antara peserta didik yang mukim dan non mukim di Pondok Pesantren Darul Ulum menunjukkan bahwa siswa yang mukim lebih berprestasi daripada siswa non mukim. Berdasarkan pencapaian nilai rata-rata tertinggi dengan selisih 1 ,99.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Ainunainunrochmah2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar; Aqidah Akhlak; siswa mukim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmah Ainun
Date Deposited: 03 May 2017 04:16
Last Modified: 25 Aug 2017 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16450

Actions (login required)

View Item View Item