Implementasi isi kandungan kitab Ta'lim Al-Muta'allim dalam pembentukan etika belajar santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Amin Sooko Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abror, Muhammad Yahdi (2017) Implementasi isi kandungan kitab Ta'lim Al-Muta'allim dalam pembentukan etika belajar santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Amin Sooko Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kitab Ta’lim al-Mutta’allim merupakan literature klasik yang membahas tentang etika belajar yang mengedepankan akhlak demi tercapainya kemanfaatan ilmu. Meskipun kecil dan dengan judul yang seakan-akan hanya membahas metode belajar, sebenarnya esensi dari kitab ini juga mencakup tujuan, prinsip – prinsip dan strategi belajar yang didasarkan pada moral religious.
Melihat situasi peserta didik khususnya di kalangan santri belakangan ini, sangatlah menarik untuk dibahas terkait etika belajar. Dalam penelitian ini akan membahas tentang etika belajar santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto. Dalam peneltian ini akan dibahas tentang konsep pendidikan yang ditawarkan oleh Imam az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim yang kemudian akan di refleksikan terhadap kehidupan santri dalam melaksanakan pembelajaran di Madrasah maupun pesantren.
Skripsi ini meneliti secara mendalam tentang implementasi kitab Ta’lim Al
Muta’allim dalam pembentukan etika belajar santri Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dipergunakan, karena penulis mencoba melihat, mengamati dan menelaah implementasi kitab Ta’lim Al-Muta’allim dalam pembentukan etika belajar santri, yang tidak mungkin dilakukan dengan analisa angkaangka dan statistik sebagaimana yang lazim dalam penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta’lim Muta’allim dan mengandung pendidikan akhlak yang berorientasi pada pembentukan etika belajar santri. Kitab Ta’lim Al-Muta’allim memberikan perhatian penuh pada cara-cara yang seharusnya dilakukan oleh para penuntut ilmu. Dari semua bab yang ada dalam kitab ini, semuanya berkonsentrasi pada perbaikan akhlak, sehingga menjadikan ini identik dengan kitab yang membahas tentang ilmu pengetahuan. Dari berbagai keterangan yang ada tentang ilmu pengetahuan sebagian besar berkonsentrasi pada perbaikan akhlak yang harus dilakukan oleh peserta didik dalam menuntut ilmu. tujuan pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Amin Sooko – Mojokerto adalah untuk membentuk kepribadian santri yang beradab dalam belajar dan meningkatkan semangat santri dalam menuntut ilmu untuk menghasilkan buah ilmu yang manfaat, bermanfaat untuk dirinya maupun untuk orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abror, Muhammad Yahdimyahdi14.mya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Etika
Keywords: Kitab Ta’lim al-Muta’allim; Etika Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abror Muhammad Yahdi
Date Deposited: 03 May 2017 03:16
Last Modified: 03 May 2017 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16469

Actions (login required)

View Item View Item