Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam novel Amelia karya Tere Liye

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulistyani, Ismalidya Indah (2017) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam novel Amelia karya Tere Liye. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Novel Amelia adalah novel yang dikarang oleh Tere Liye. Novel ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang anak yang di usianya yang masih sangat kecil bisa mempunyai pemikiran-pemikiran yang sangat besar. Ditambah lagi dengan kejadian-kejadian yang sering kali ditemui dalam kehidupan nyata namun dengan pemecahan yang jarang terfikirkan. Fokus dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Amelia karya Tere Liye. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mencari; 1) Apa sajakah nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Amelia karya Tere Liye, dan 2) Bagaimanakah perbandingan pendidikan akhlak dalam novel Amelia dengan pendidikan akhlak anak Sekolah Dasar (SD) sederajat pada saat ini. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk; 1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai akhlak yang ada dalam novel Amelia karya Tere Liye, dan 2) menjelaskan perbandingan nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam novel Amelia dengan pendidikan akhlak anak Sekolah Dasar (SD) sederajat pada saat ini. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif (penelitian kepustakaan/ library research). Dengan menggunakan pendekatan content analysis, yaitu dengan meneliti novel tersebut tidak hanya sekedar tekstual namun juga menela’ah maksud dibalik teks tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yaitu mengambil, mengumpulkan dan menghubung-hubungkan dari data yang ada dalam berbagai bentuk, baik artikel, jurnal, berita, buku, maupun yang lainnya. Setelah dilakukan penelitian, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkadung dalam novel Amelia adalah 1) akhlak yang berhubungan dengan Allah diantaranya takwa, tawakkal, berdoa, mengaji, sabar, dan ikhlas. 2) akhlak yang berhubungan dengan manusia diantaranya ta’awun, kasih sayang, husnudhon, bijaksana, dan akhlak pada rohani dan jasmani seseorang. 3) akhlak yang berhubungan dengan alam diantaranya memanfaatkan SDA dan tidak merusak lingkungan. Adapun perbandingan pendidikan akhlak dalam novel Amelia dengan anak SD sederajat saat ini adalah sangat berbeda dikarenakan kurangnya pengertian, bimbingan, penanaman, teladan dan pembiasaan tentang akhlak, menjadikan mereka krisis akan akhlak dan sangat berbanding terbalik dengan anak-anak dalam novel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulistyani, Ismalidya Indahlichgk_tya@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Keywords: Pendidikan Akhlak; Novel; Tere Liye
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulistyani Ismalidya Indah
Date Deposited: 02 May 2017 05:58
Last Modified: 02 May 2017 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16474

Actions (login required)

View Item View Item