Peningkatan hasil belajar ips materi melestarikan lingkungan melalui strategi inquiring mind want to know kelas III di MI Nurul Huda I Kepatihan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Novianis (2017) Peningkatan hasil belajar ips materi melestarikan lingkungan melalui strategi inquiring mind want to know kelas III di MI Nurul Huda I Kepatihan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa tentang mata pelajaran IPS materi melestarikan lingkungan dikarenakan siswa sangat pasif dalam proses pembelajaran dan sulit untuk mengungkapkan pendapat sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut diambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan strategi Inquiring Mind Want To Know.
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah (1) Untuk mengetahui penerapan strategi Inquiring Mind Want To Know untuk meningkatkan hasil belajar IPS melestarikan lingkungan pada siswa kelas III MI Nurul Huda I Kepatihan Gresik. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi melestarikan lingkungan dengan strategi pembelajaran Inquiring Mind Want To Know pada siswa kelas III MI Nurul Huda Kepatihan Gresik.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus yaitu : perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari : (1) Penerapan strategi Inquiring Mind Want To Know pada materi melestarikan lingkungan dapat dibuktikan dari hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I adalah 65,9 meningkat pada siklus II menjadi 87,5. Peningkatan ini juga terjadi pada hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I 57,5 meningkat pada siklus II menjadi 90, (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi melestarikan lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 73,9 meningkat pada siklus II menjadi 81,34. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 65,38 % dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 17 yang termasuk kategori cukup kemudian meningkat pada siklus II sebesar 88,46 % dengan jumlah siswa tuntas belajar 23 yang termasuk kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Novianisnovianissholihah29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Peningkatan hasil belajar; IPS; Strategi Inquiring mind Want to know
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sholikhah Novianis
Date Deposited: 02 May 2017 07:41
Last Modified: 02 May 2017 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16512

Actions (login required)

View Item View Item