Peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Arab materi al-'Unwan menggunakan metode Bamboo Dancing siswa Kelas IV MI Nurul Islam Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzdalifah, Umi (2017) Peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Arab materi al-'Unwan menggunakan metode Bamboo Dancing siswa Kelas IV MI Nurul Islam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di kelas IV menunjukkan kegiatan pembelajaran yang belum maksimal. Siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab cenderung kurang aktif, hal ini dikarenakan siswa memiliki keterampilan berbicara yang rendah pada mata pelajaran Bahasa Arab dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, hal ini dikarenakan guru masih menggunakan cara yang konvesional dan cenderung monoton. Adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut diambil tindakan pembelajaran melalui metode Bamboo Dancing yang dilakukan dengan 2 siklus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Bamboo Dancing pada mata pelajaran Bahasa Arab materi al-‘Unwan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Nurul Islam Sidoarjo?; 2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Nurul Islam mata pelajaran Bahasa Arab materi al-‘Unwan dengan menggunakan metode Bamboo Dancing?;. Tujuannya untuk penerapan metode Bamboo Dancing materi al-‘Unwan siswa kelas IV MI Nurul Islam Sidoarjo dan Untuk mengetahui peningakatan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI Nurul Islam Sidoarjo materi al-‘Unwan menggunakan metode Bamboo Dancing. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin dalam satu siklus terdiri dari empat komponen: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV MI Nurul Islam Sidoarjo dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, non tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan metode tersebut sudah diterapkan dengan baik dan berjalan dengan maksimal. Terbukti dengan adanya peningkatan skor pada aktivitas guru siklus I 62,5 (Kurang) menjadi 87,5 (Baik) pada siklus I.; 2) pada aktivitas siswa mengalami kenaikan skor dari 72,5 (Cukup) pada siklus I dan pada siklus II menjadi 90 (Baik).; 3) pada siklus I peningkatan keterampilan berbicara siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 75,45 (Baik) dan persentase ketuntasan belajar sebesar 55% (Kurang). Maka, jumlah siswa yang tuntas KKM pada siklus I sebanyak 11 siswa dari 20 siswa yang hadir. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88,1 (Sangat Baik) dan persentase ketuntasan belajar sebesar 85% (Baik). Maka jumlah siswa yang tuntas KKM pada siklus II sebanyak 17 siswa. Sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzdalifah, Umiumimuzdalifah8@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muzdalifah Umi
Date Deposited: 02 May 2017 07:51
Last Modified: 02 May 2017 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16595

Actions (login required)

View Item View Item