Manajemen Kurikulum 2013 berbasis Lingkungan Hidup: studi kasus di SMP Negeri 3 Darul 'Ulum Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kadirillah, Jihan Nuzulul (2017) Manajemen Kurikulum 2013 berbasis Lingkungan Hidup: studi kasus di SMP Negeri 3 Darul 'Ulum Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah Bagaimana manajemen kurikulum 2013 berbasis lingkungan hidup di SMP Negeri 3 Darul ‘Ulum Peterongan Jombang? melalui 4 fokus yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan peran kepala sekolah dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa narasi transkrip yang dihasilkan melalui wawancara dan dokumentasi melalui 3 tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam program kurikulum 2013 berbasis lingkungan hidup dilakukan oleh penyelenggara adalah menentukan visi misi dan tujuan, membuat perangkat pembelajaran kurikulum 2013 berbasis lingkungan hidup dipergunakan agar proses belajar mengajar efektif dan efisien, memprogram kegiatan ekstrakulikuler berbasis lingkungan hidup, menjalin kerjasama dengan beberapa instansi yang bernaungan lingkungan hidup. Pelaksanaan kurikulum 2013 berbasis lingkungan hidup terdiri dari 2 kegiatan yakni teori dan praktik, menggunakan pendekatan pembelajaran aktif dan pengajaran kontekstual serta menggunakan pendekatan pendekatan PAIKEM,menggunakan beberapa metode, sumber belajar dari buku, internet dan dari guru, media pembelajaran yang digunakan laptop, LCD, gambar dan video. Proses evaluasi dilakukan untuk memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, dan dilaksanakan berjalan sesuai dengan harapan dan tujuan. Peran kepala sekolah dan guru dalam mewujudkan kurikulum 2013 berbasis lingkungan hidup yakni sebagai developer, implementator, evaluator, dan akselerator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kadirillah, Jihan Nuzululkadirillahjihan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Lingkungan Hidup
Manajemen
Keywords: Manajemen; Kurikulum 2013; Lingkungan Hidup
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kadirillah Jihan Nuzulul
Date Deposited: 02 May 2017 07:39
Last Modified: 24 Aug 2017 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16616

Actions (login required)

View Item View Item