Penerapan strategi berburu informasi dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang kegiatan ekonomi di Indonesia pada mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Bahrul Ulum Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiah, Islamiah (2017) Penerapan strategi berburu informasi dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang kegiatan ekonomi di Indonesia pada mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Bahrul Ulum Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukanya penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V-A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata hasil tes pra siklus dari 27 siswa kelas V-A terdapat 11 siswa yang tuntas dalam tes. Penyebabnya adalah kurang inovatifnya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kegiatan belajar sehingga siswa kurang aktif dalam proses pemnbelajaran. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, dapat menerapkan strategi berburu informasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi berburu informasi dalam rangka meningkatkan pemahaman IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia pada di MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik. 2)Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa materi kegiatan ekonomi di Indonesia pada mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 27 siswa kelas V-A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi 4 tahap. Pada setiap siklus terdiri dari pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes uraian singkat. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan strategi berburu informasi pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia di kelas V-A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik sangat baik. Skor aktivitas guru adalah 72,91 (cukup) pada siklus I naik menjadi 91,2 (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga mengalami kenaikan skor dari 63,54 (kurang) pada siklus I menjadi 90,62 (sangat baik) pada siklus II. 2) Pemahaman siswa pada materi kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V-A MI Bahrul Ulum Menganti-Gresik mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketika pra siklus mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 68,30 (kurang) dan 73,51 (cukup) pada siklus I menjadi 80,94 (baik) pada siklus II. Persentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 40,74% (kurang) pada pra siklus, pada siklus I 66,66% (cukup), sedangkan pada siklus II 88,88% (baik) dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.
Kata Kunci: Pemahaman, Strategi Berburu Informasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiah, Islamiahislamiahsoebagio@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pemahaman; strategi berburu informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Islamiah Islamiah
Date Deposited: 03 May 2017 07:30
Last Modified: 22 Aug 2017 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16735

Actions (login required)

View Item View Item