PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN KETERAMPILAN KOOPERATIF GURU DI MTS. SUNAN KALIJOGO PATI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi’ah, Siti Kholifatur (2014) PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN KETERAMPILAN KOOPERATIF GURU DI MTS. SUNAN KALIJOGO PATI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab pendidikan di Indonesia masih belum baik adalah rendahnya kualitas guru. Pemerintah berupaya dengan berbagai macam cara untuk meningkatkan kualitas guru. Namun, program pemerintah kurang memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Lesson study merupakan kegiatan kolaboratif dari sekelompok guru untuk secara bersama-sama merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang dilaksanakannya. Kegiatan lesson study terdiri dari tiga tahap yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi). Semua tahapan lesson study dilaksanakan secara bersama-sama dalam sebuah kelompok yang dinamakan kelompok lesson study (kelompok LS). Pada tahap see, kelompok lesson study mengkaji pembelajaran yang telah dilakukan apakah sudah sesuai dengan perencanaan, apakah ada kekurangan dari pembelajaran. Lesson study muncul sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini diantaranya : (1) untuk mengetahui pelaksanaan lesson study dan hasilnya; (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif guru setelah melaksanakan lesson study; dan (3) untuk mengetahui keterampilan kooperatif guru selama melaksanakan lesson study.
Kemampuan berpikir reflektif adalah kemampuan seseorang untuk me-review, memantau dan memonitor suatu proses solusi dari pemecahan masalah. keterampilan bekerjasama (kooperatif) adalah keterampilan seseorang untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini dilakukan di MTs. Sunan Kalijogo Pati dengan menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Metode observasi digunakan untuk mengamati pelaksanaan lesson study dan keterampilan kooperatif guru. Sedangkan, metode wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif guru setelah melaksanakan lesson study. Subjek penelitian ini adalah 3 guru.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa : (1) pelaksanaan lesson study siklus I terdapat 11 kegiatan, 9 kegiatan terlaksana dan 2 kegiatan tidak terlaksana yaitu pada tahap do guru observer menganggu kegiatan dan kelompok LS saling berinteraksi selama pembelajaran, pada siklus II , 9 kegiatan dari 11 kegiatan terlaksana dan ada 2 kegiatan lesson study tidak terlaksana yaitu pada tahap plan kelompok LS tidak menentukan guru model dan tahap do kelompok LS saling berinteraksi selama pembelajaran, dan pada siklus III, ada 1 kegiatan dari 11 kegiatan tidak terlaksana yaitu kelompok LS tidak menentukan guru model; (2) setelah melaksanakan lesson study menunjukkan bahwa kemampuan berpikir guru S.1 dan S.3 adalah sedang dan kemampuan berpikir reflektif guru S.2 adalah rendah; dan (3) keterampilan kooperatif guru selama pelaksanaan lesson study menunjukkan bahwa tingkat keterampilan kooperatif guru pada siklus I dan II adalah sedang, sedangkan tingkat keterampilan kooperatif guru pada siklus III adalah baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Saepul Hamdani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi’ah, Siti KholifaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Lesson study; Kemampuan berpikir reflektif; Keterampilan kooperatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2015 03:28
Last Modified: 10 Apr 2015 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item View Item