Efektifitas metode Snowball Throwing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaimah, Siti (2012) Efektifitas metode Snowball Throwing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran Matematika. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (315kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/16965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode snowball throwing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Metode snowball throwing sebagai variabel bebas dan kepercayaan diri sebagai variabe1 terikat. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control group desing. Dalam desain penelitian ini, kelompok dibagi menjadi dua yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih dengan cara random. Sebelumnya kedua kelompok tersebut telah diberikan pre-test dengan maksud untuk mengetahui kestabilan dan kejelasan keadaan kedua kelompok sebelum diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nazhatut Thullab Prajjan Camp1ong Sampang tahun ajaran 20 I 112012 yang berjumlah I 28 siswa. Setelah diberikan pre-test. diketahui 26 siswa yang memiliki skor kepercayaan diri rendah. Masing-masing kelompok terdiri dari 13 siswa, pemabagian ini dilakukan dengan cara random. Tekhnik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dengan indikator kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed rank Test (Test Ranking Bertanda Wilcoxon) dengan bantuan SPSS for windows versi 16.0. berdasarkan hasil analisis data post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol telah diperoleh probabilitas nilai z hitung sebesar -3,191 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 pada taraf signifikansi (a) 0,05 atau 5% yang berarti Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis statistik di atas yang menyatakan ada perbedaan antara kepercayaan diri siswa kelompok eksperimen yang diberikan metode snowball throwing dengan kelompok kontrol yang diberikan metode konvensional, terbukti diterima. Hal ini karena dari 13 (keseluruhan) siswa kelompok eksperimen memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol.Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan metode snowball throwing efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terbukti kebenarannya. Hal ini dapat diketahui melalui rata-rata siswa kelompok eksperimen yang memiliki kepercayaan diri 1ebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaimah, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Anak > Kepribadian
Keywords: Kepercayaan Diri; Metode Snowball Throwing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 May 2017 08:54
Last Modified: 08 Dec 2017 10:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item View Item