Pengembangan keberlangsungan profesionalitas guru rumpun PAI bersertifikasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran MTsN di kabupaten Jombang: study multikasus di MTsN Plandi, MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, MTsN Bakalan Rayung, MTsN Megaluh, MTsN Tembelang Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmahwati, Ima (2017) Pengembangan keberlangsungan profesionalitas guru rumpun PAI bersertifikasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran MTsN di kabupaten Jombang: study multikasus di MTsN Plandi, MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, MTsN Bakalan Rayung, MTsN Megaluh, MTsN Tembelang Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Keberadaan, peran dan fungsi guru dalam dunia pendidikan merupakan salah satu faktor yang urgen. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal maupun informal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi guru itu sendiri. Sertifikasi guru menjadikan guru menjadi profesional dengan mengikuti pelatihan- pelatihan. Profesionallisme guru menjadi salah satu faktor terpenting dari mutu pendidikan.Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mendeskripsikan mutu pembelajaran PAI di MTsN Plandi, MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, MTsN Bakalan Rayung, MTsN Megaluh, MTsN Tembelang Jombang sebelum ada guru bersertifikasi. 2. Untuk mendeskripsikan pengembangan keberlangsungan profesionalitas guru rumpun PAIbersertifikasi di MTsN Plandi, MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, MTsN Bakalan Rayung, MTsN Megaluh, MTsN Tembelang Jombang. 3. Untuk mendeskripsikan pengembangan keberlangsungan profesionalitas guru rumpun PAIbersertifikasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN Plandi, MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, MTsN Bakalan Rayung, MTsN Megaluh, MTsN Tembelang Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display),dan Conclusion Drawing/ Verification. Berdasarkan fokus penelitian, paparan data, dan temuan serta analisis pembahasan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: mutu pembelajaran sebelum ada sertifikasi guru sudah menjadi prioritas utama di keenam madrasah tersebut, itu dibuktikan dengan adanya usaha- usaha untuk meningkatkan mutu pembelajaran saat itu. Meskipun belum didukung dengan fasilitas- fasilitas yang memadai dan masih kurangnya wawasan guru-guru rumpun PAIterkait dengan metode- metode pembelajaran yang bervariasi, usaha guru rumpun PAIbersertifikasi dalam mengembangkan sertifikasi guru adalah dengan mengikuti pelatihan- pelatihan dan pengembangan keberlangsungan profesionalitas guru rumpun PAIbersertifikasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan menerapkan hasil pelatihan- pelatihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmahwati, Imaima.rakhmah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Profesionalitas guru; Pembelajaran; Sertifikasi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rakhmahwati Ima
Date Deposited: 20 Jun 2017 03:06
Last Modified: 20 Jun 2017 03:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item